Gemilang, Taruna Poltekpel Malahayati Lolos Seleksi Pertukaran Mahasiswa Vokasi di Australia

  • Oleh : Naomy

Kamis, 09/Jun/2022 10:15 WIB
Taruna Poltekpel Malahayati, Aceh Taruna Poltekpel Malahayati, Aceh

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Prestasi gemilang kembali dicapai Taruna Perguruan Tinggi Vokasi Kementerian Perhubungan, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh.

Baca Juga:
Yes, 68 Lulusan Diwisuda Perdana di Poltekbang Jayapura, Torang Bisa! Torang Basodara!

Taruna atas nama Agung Darmawan berhasil terpilih menjadi salah satu penerima program Indonesian International Student Mobility Award for Vocational Students (IISMAVO), program pertukaran mahasiswa perguruan tinggi vokasi ke luar negeri.

Taruna program studi Diploma III Sistem Kelistrikan Kapal ini akan mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan selama satu semester di Edith Cowan University, Australia setelah berhasil menjadi salah satu dari 410 mahasiswa perguruan tinggi vokasi yang dinyatakan lulus seleksi program IISMAVO angkatan pertama.

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, mengatakan, pihaknya bangga atas pencapaian taruna di lingkungan Kemenhub, yang berhasil menerima program IISMAVO, hal ini tentunya merupakan kesempatan berharga dapat belajar di luar negeri.

“Pada kurikulum Merdeka Belajar saat ini belajar bisa dilakukan di manapun, Taruna dapat terus meningkatkan kompetensi, bukan hanya dari ilmu yang didapatkan dari pendidikan di kampus namun juga dari literasi apapun. Namun dapat belajar langsung di luar negeri, menerima program pertukaran mahasiswa merupakan kesempatan emas yang harus dapat dipergunakan sebaik-baiknya” ungkap Djoko di Jakarta, Kamis. (9/6/2022).

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Kepala BPSDMP berharap, ke depannya Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian dapat mengirimkan lebih banyak Taruna pada program ini, untuk dapat melahirkan generasi unggul yang kompeten, baik hard skill maupun soft skill yang dimilikinya.

“Di beberapa kesempatan, saya berpesan kepada para Taruna, bahwa mereka merupakan calon pemimpin bangsa yang akan membawa Indonesia Emas di tahun 2045, para Taruna harus dapat menjadi pribadi yang Profesional, memiliki Etika, ber-Standar Internasional, dan memiliki Integritas. Oleh karenanya teruslah melakukan kegiatan positif yang dapat meningkatkan kompetensi.” pesan Kepala BPSDMP," urainya.

IISMAVO merupakan Program dari LPDP untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi, di mana dari segi pembiayaan dan pelaksanaan program, IISMAVO mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi bekerja sama dengan LPDP. 

Total peserta yang mengikuti seleksi program ini sebanyak 3.450 mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi untuk dipilih sebanyak 410 mahasiswa yang akan mengikuti program ini. 

Djoko juga mengingatkan para Taruna Transportasi untuk selalu menjadi pribadi yang unggul, dengan dibekali nilai-nilai Prestasi  (Profesional, Etika, Standar global, dan Integritas). (omy)