Kemenhub Libatkan 50 Warga Ikuti Padat Karya Disnav Cilacap di Gunung Kidul

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 11/Jun/2022 08:17 WIB
Padat karya di Disnav Cilacap Padat karya di Disnav Cilacap


GUNUNGKIDUL (BeritaTrans.com) -  Bantu mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui UPT Distrik Navigasi Cilacap,  kembali menggelar Kegiatan Program  Padat Karya Tahap II. 

Kegiatan bertempat di Lingkungan Menara Suar Baron, Gunungkidul, DIY 10 -12 Juni 2022 melibatkan 50 orang warga sekitar.

Baca Juga:
Kemenhub Terus Dorong Percepatan Penetapan Alur Pelayaran

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Distrik Navigasi Cilacap Suyadi serta turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kab, Gunung Kidul, para Pejabat dan Stakeholders di sekitar Kelurahan Kemadang, Kec. Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul DIY.

"Kegiatan Padat Karya berlangsung secara berkelompok dengan diawasi oleh tenaga terlatih yang berasal dari unsur masyarakat untuk memastikan hasil pekerjaan yang berkualitas," ujar Suyadi.

Baca Juga:
Gandeng Stakeholder Terkait, Indonesia Optimalkan Data IMO GISIS

Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam mendukung pemulihan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat dengan harapan akan memberikan perluasan kesempatan kerja dan serta menjaga daya beli masyarakat lapis bawah.

Baca Juga:
Libatkan Puluhan Masyarakat, Ditjen Hubla Gelar Padat Karya di Pelabuhan Sunda Kelapa

Suyadi menjelaskan, padat karya ini menggunakan peralatan yang sederhana dan mengutamakan penggunaan material/bahan baku lokal serta upah kerja diberikan secara langsung kepada masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Padat Karya yang dilaksanakan di Lingkungan Menara Suar Baron merupakan kegiatan Padat Karya yang kedua kalinya, di Tahun 2022 yang melibatkan masyarakat sekitar Menara Suar Baron, Gunungkidul.

"Padat Karya ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran akibat dari pandemi Covid-19, memberdayakan  perekonomian masyarakat, menjalin rasa kekeluargaan,  dan mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, serta menjaga kebersihan, dan keindahan lingkungan," bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Kemadang, Suminto mengucapkan terima kasih kepada Disnav Cilacap dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang telah melaksanakan kegiatan Padat Karya ini.

"Saya merasa senang dan bangga warga bisa terlibat langsung dalam kegiatan Padat Karya ini dan kami berharap kegiatan ini dapat diadakan setiap tahun guna membantu masyarakat yang memerlukan pekerjaan," tutupnya. (omy)