DJKA Benahi Fasilitas Escalator dan Lift di Stasiun

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 14/Jun/2022 05:31 WIB
Penumpang menanti KRL di Peron. (Ist) Penumpang menanti KRL di Peron. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan pembenahan terhadap fasilitas escalator dan lift di beberapa stasiun kereta api di Jabodetabek. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menjelaskan bahwa upaya pembenahan ini dilakukan guna meningkatkan kenyamanan penumpang dalam menggunakan jasa layanan KA di tengah pembangunan yang sedang dilakukan. 

Baca Juga:
Dorong Cashless Society, 26 % Penumpang KRL Yogya-Solo Sudah Gunakan QR Code

"Kami sudah melakukan tindak lanjut atas kondisi escalator dan lift di Stasiun Manggarai sehingga saat ini sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat untuk mengakses peron 10, 11, dan 12," ucapnya dalam keterangan resmi, Selasa (13/6/2022). 

Adapun Zulfikri menyebut bahwa pembenahan fasilitas escalator dan lift di stasiun lain di Jabodetabek masih terus diupayakan sehingga dapat dioperasikan dengan optimal. "Kami juga berkomitmen untuk memastikan kenyamanan pengguna jasa layanan kereta api selama pembangunan berlangsung," sambung Zulfikri. 

Baca Juga:
Jelang Ditinjau Presiden Jokowi dan Xi Jinping, Menhub Cek Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Di samping itu, Zulfikri memastikan bahwa jajarannya terus mengupayakan perbaikan fasilitas demi menunjang kelancaran mobilitas penumpang. 

"Perbaikan fasilitas lift dan escalator di Stasiun Manggarai akan terus dilakukan, sementara untuk Stasiun Jatinegara kami jadwalkan Senin ini sudah mulai dikerjakan," tutur Zulfikri. 

Baca Juga:
Kembangkan Sistem Integrasi Pembayaran, KMT Jadi Pilihan Utama Tiket KRL Yogya-Solo

Terkait dengan aduan masyarakat yang disampaikan di media sosial mengenai kondisi escalator dan lift, Zulfikri menyampaikan permohonan maaf atas nama DJKA dan menyesali hal tersebut. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah aktif melaporkan kondisi lapangan sehingga dapat segera ditangani oleh tim teknis," ujarnya. 

Evaluasi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan KAI Commuter. “KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan akan selalu berkoordinasi dalam pemenuhan fasilitas-fasilitas pelayanan bagi pengguna KRL untuk memberikan layanan terbaik,” tambah Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutfi Azhar. 

Lebih lanjut, Roppiq mengajak para pengguna KAI Commuter agar selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di stasiun. 

“KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift yang tersedia di stasiun,” tutup Roppiq.(fhm)