Kepala Bakertrans Beri Kuliah Praktisi di API Banyuwangi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 15/Jun/2022 19:14 WIB
Kepala Bakertrans Dr Umar Aris di API Banyuwangi Kepala Bakertrans Dr Umar Aris di API Banyuwangi

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Kebijakan Transportasi (Bakertrans) Dr. Umar Aris memberikan kuliah praktisi di Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca Juga:
Bakertrans Kaji Penerapan Weigh In Motion di UPPKB

Kuliah praktisi itu mengambil tema  “Leadership, Education, and Training
untuk SDM Penerbangan yang Unggul”.

"Kuliah praktisi dengan narasumber yang memiliki experience dan expertise yang sangat tinggi di bidang penerbangan, dan dengan tema yang sangat menarik yang sesuai dengan salah satu dari misi Pemerintah saat ini yaitu menciptakan SDM yang unggul," katanya," Selasa (14/6/2022).

Baca Juga:
Ayo Kirim Artikel ke Jurnal Penelitian Transportasi Laut Bakertrans

Seperti yang diketahui bersama, seiring dengan berkembangnya kompetisi global dan daya saing suatu bangsa maka perlu adanya perhatian terhadap pengembangan SDM di dalamnya yang tidak lain bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Dalam sektor transportasi udara, kata dia, ketiga pilar utamanya, yaitu safety, security, and services yang comply terhadap peraturan yang berlaku, sangat bergantung kepada aspek human factor. 

Baca Juga:
Yuk Ikut Kuisioner Bakertrans Tentang Evaluasi Biaya Jasa Ojol, Ada Hadiah Pulsa Lho

"Meskipun teknologi dan dinamika pemrosesan terus mengalami kemajuan, akan tetapi pengaruh dan keterlibatan manusia dalam ekosistem transportasi tidak dapat dikesampingkan," urainya. 

Hal ini mengingat perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, pengawasaan, dan pengendalian sepenuhnya bergantung kepada kapabilitas SDM.

Seiring dengan prinsip tersebut, Kementerian Perhubungan pun dalam agenda prioritasnya turut mengedepankan isu tentang pengembangan SDM.

Hal ini dalam rangka mendukung arah kebijakan transportasi untuk saat ini dan di masa yang akan datang yaitu peningkatan keselamatan dan keamanan, peningkatan konektivitas dan aksesibilitas, dan peningkatan kualitas layanan.

"Kami sebagai Badan Kebijakan Transportasi, yang merupakan wujud transformasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, sangat mendukung pencapaian arah kebijakan transportasi melalui perumusan analisis dan rekomendasi-rekomendasi kebijakan yang cepat, akurat, dan bermanfaat," beber Umar. 

Beberapa rekomendasi yang telah dihasilkan dan dilaporkan baik kepada pimpinan maupun stakeholders, antara lain, sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2021 yang bertemakan investasi dan kepariwisataan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Melalui rekomendasi kebijakan tersebut, Bakertrans mendorong pembangunan waterbase dan pengoperasian seaplane untuk mendukung sektor pariwisata khususnya yang berbasiskan wisata perairan. 

Mengapa perairan? karena Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia dan sebagian besar destinasi pariwisata prioritas berada di wilayah perairan, namun pendapatan negara dari sektor tersebut dinilai dapat jauh ditingkatkan ketika terdapat dukungan transportasi yang optimal di dalamnya.

"Jika dilihat sekilas, agenda kami tersebut tampak tidak bersinggungan langsung dengan pengembangan SDM, akan tetapi, sebenarnya terdapat potensi multiplier effect terhadap SDM, apabila rekomendasi kebijakan tersebut diwujudkan," kata dia. 

Dengan adanya pembangunan dan pengoperasian waterbase dalam skala nasional, kemudian pengoperasian seaplane dalam jumlah armada yang banyak, maka pada akhirnya hal ini dapat berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan per kapita, hingga peluang penyediaan pendidikan baru bagi tenaga profesional seperti penerbang.

"Terkait dengan potensi yang terakhir, yaitu pendidikan penerbang, kami turut merasa bangga kepada API Banyuwangi yang dapat menangkap peluang tersebut dengan baik sejalan dengan rekomendasi pengoperasian seaplane di Indonesia," imbuh dia 

API Banyuwangi mereka satu-satunya lembaga di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang menyediakan pendidikan penerbang untuk mendapatkan rating seaplane. 

Untuk pencapaian tersebut, apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para direksi dan tenaga pengajar.

Dengan modal berharga tersebut, dan ditambah dengan kuliah praktisi pada kesempatan kali ini, kami tentu berharap API Banyuwangi dapat menjadi salah satu yang terdepan dalam pengembangan SDM di sektor transportasi udara.

Dengan pendidikan dan pelatihan yang baik, dan dengan kepemimpinan yang adaptif terhadap perkembangan era, tentu dapat membuat setiap manusia yang terlibat didalamnya dapat mengembangkan dirinya lebih jauh lagi.

"Jangan pernah berhenti menuntut ilmu, semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua," pesannya. 

Dalam kesempatan itu Umar didampingi Kepala Pusat Kebijakan Transportasi Udara Capt. Novyanto Widadi

 

omy