Hankook Tire Luncurkan Proving Ground Terbesar di Asia

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 16/Jun/2022 15:54 WIB
foto:istimewa/hankook foto:istimewa/hankook

KORSEL (BeritaTrans.com)  - Produsen ban global terkemuka Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mengumumkan peluncuran Hankook Technoring, sebuah proving ground atau fasilitas uji kendaraan outdoor terbaru yang dibangun di Taean, Korea Selatan. Menjadi proving ground terbesar di Asia, Hankook Technoring  akan menjadi pusat fasilitas R&D terkini untuk produk canggih Hankook di masa depan.

Hankook Tire menggelar seremoni peresmian Hankook Technoring pada 25 Mei, mengundang media dan mitra untuk hadir. Pada agenda tersebut, Hyunbum Cho, Chariman dan CEO Hankook & Company, Sooil Lee, President dan CEO Hankook Tire, Jongseon Ahn, Chief Operating Officer Hankook & Company, Jongho Park, President dan Chief Administrative Officer Hankook Tire, dan Bonhee Ku, Executive Vice President dan Chief Technology Officer Hankook Tire hadir. Hankook menyampaikan strategi dan komitmen inovasi jangka menengah dan panjang dengan Hankook Technoring untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca Juga:
Kembangkan Ban Ramah Lingkungan, Hankook Tire Tandatangani MOU dengan Kumho Petrochemical

Hankook Technoring adalah tempat uji coba terbesar di Asia yang memiliki luas 1,26 juta meter persegi atau seluas 125 lapangan sepak bola yang digabungkan, menampilkan trek uji coba terpanjang di Asia. Terdiri dari 13 jalur pengujian, kawasan ini memungkinkan pengujian yang ketat terhadap produk-produk Hankook yang paling canggih termasuk kendaraan listrik dan ban supercar. Trek uji coba dirancang untuk mengakomodasi semua jenis kendaraan mulai dari supercar hingga truk dan bus, dan kapasitas penggunaannya termasuk untuk uji coba berkendara dengan kecepatan tinggi hingga 250 km/jam.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan menara kontrol, gedung perkantoran, bengkel, stasiun pengisian bahan bakar, dan stasiun pengisian kendaraan listrik. Menara kontrol setinggi 37,1 meter memantau proses pengujian melalui sistem pemantauan terintegrasi untuk mempertimbangkan berbagai pengujian dan kondisi iklim.

Baca Juga:
Hankook Tire Luncurkan Ban SUV Ultra-High-Performance untuk Segala Musim

“Ban, sebagai satu-satunya bagian dalam kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan jalan, menjadi kunci untuk memaksimalkan performa kendaraan, memberikan keamanan, mengefisienkan bahan bakar, dan kenyamanan berkendara. Inilah mengapa kami di Hankook menyadari perlunya berbagai tempat pengujian untuk memastikan kualitas produk terbaik di segala kondisi,” kata Hyunbum Cho, Ketua dan CEO Hankook & Company, dalam siaran pers yang diterima BeritaTrans.com, Kamis (16/6/2022).

Dengan rampungnya Hankook Technoring, Hankook Tire telah membangun infrastruktur R&D yang lengkap untuk meningkatkan kemampuan inovasinya. Infrastruktur ini diharapkan dapat bersinergi dengan fasilitas yang ada di Hankook, yang meliputi Hankook Technoplex, kantor pusat global serta menara kontrol untuk merancang produk inovatif dan membangun strategi jangka menengah dan panjang. Teknologi orisinil dikembangkan dan diamankan di Hankook Technodome, pusat R&D yang dilengkapi dengan teknologi tinggi.

Baca Juga:
Ajang Balap Formula E Tiba di Brasil dengan Nuansa Samba, Hankook iON Siap Berlaga

Infrastruktur R&D yang semakin kuat memungkinkan Hankook untuk terus memimpin industri otomotif di masa depan. Sebagai kiblat inovasi, Hankook Technoring berperan penting dalam memberikan solusi optimal untuk era e-mobilitas dan kendaraan otonom mendatang, memenuhi beragam tuntutan dan ketentuan dari produsen kendaraan premium. 

Hankook Technoring

  • Selesai pada : May 2022

  • Lokasi : Yangjam-ri, Nam-myeon, Tean-gun, Chungcheongnam-do

  • Area : 1.26 Juta meter persegi

  • Menampilkan 13 jalur uji, gedung perkantoran, bengkel, stasiun pengisian bahan bakar, dan stasiun pengisian kendaraan listrik

 

  • UJI COBA JALUR

 

[①Kecepatan Tinggi]

Sirkuit utama berkecepatan tinggi, yang juga disebut sebagai jalur khas Hankook Technoring, terdiri dari 4 jalur lintasan dengan total panjang 4,6 km. Didesain untuk memungkinkan uji kecepatan tinggi hingga 250 km/jam di lintasan lurus, trek ini mencakup tikungan tebing setinggi 38,87 derajat di lereng.

 

[②Area Dinamika Kendaraan / Skid Pad]

Area Dinamika Kendaraan dan Skid Pad menguji stabilitas kemudi dan batas kinerja melalui uji slalom, perubahan jalur, dan pengujian di bundaran. Trek ini memungkinkan pengujian pada kecepatan maksimum 200 km/jam

 

[③Penanganan Pada Sirkuit Kering]

penanganan pada sirkuit kering menguji kinerja penanganan pada permukaan kering dan sepanjang 3,4 km, terdiri dari 16 tikungan. Lintasan lurus memiliki panjang 670 m, dan memungkinkan kecepatan maksimum 190 km/jam.

 

[④Penanganan Pada Sirkuit Basah / Kurva Hydroplaning]

Penanganan pada sirkuit basah sepanjang 1,6 km dan terdiri dari 11 tikungan berbeda. Sirkuit ini memungkinkan uji mengemudi hingga 128 km/jam. Kurva hydroplaning memungkinkan diversifikasi kondisi jalan basah dengan menyesuaikan kedalaman air mulai dari 1 hingga 10 mm.

 

[⑥Mengendarai]

Didesain untuk menguji kenyamanan berkendara saat berkendara, jalur berkendara sepanjang 970 m terdiri dari 4 jalur dan 15 permukaan jalan termasuk jalan raya nasional, aspal, jalan bata, dan banyak lagi.

 

[⑦Pengereman]

Jalur pengereman terdiri dari 4 jalur kering dan 4 jalur basah dari berbagai permukaan jalan yang terbuat dari aspal, beton, dan lain-lain. Trek uji pengereman kering memungkinkan kecepatan uji hingga 150 km/jam.

 

[⑧Hydroplaning Lurus]

Hydroplaning lurus sepanjang 150 m memungkinkan pengujian hydroplaning di berbagai kondisi jalan basah dengan menyesuaikan kedalaman air mulai dari 1 hingga 10 mm 

 

[⑨Melewati Kebisingan]

Lintasan sepanjang 920 m dirancang untuk melakukan uji kebisingan ban untuk memenuhi persyaratan pabrikan mobil dan sertifikasi ISO.

 

[⑩Kerasnya Getaran Kebisingan]

Lintasan sepanjang 700 m ini dirancang untuk mengukur kebisingan ban. Ini terdiri dari 7 jalan yang berbeda dan 5 jalur aspal yang berbeda dan parit beton.

 

[⑪Jalan Umum]

Jalan umum sepanjang 5 km menghubungkan semua trek uji. Ini dirancang untuk melakukan tes kinerja yang komprehensif termasuk kenyamanan berkendara di berbagai permukaan.

 

[⑫Off Road]

Menampilkan berbagai rintangan seperti genangan air dan batu besar, kursus ini dirancang untuk menguji kinerja ban off-road..

 

[⑬Trek Jalan Chip-Cut]

Trek jalan chip-cut sepanjang 1,4 km menguji ketahanan ban. Trek juga menguji keausan chip dan cut, keadaan yang mudah dihadapi dalam kondisi mengemudi normal

Dengan akumulasi data dari pengujian aktual di Hankook Technoring, Hankook juga berencana untuk mempercepat transformasi digitalnya. Perusahaan akan membangun platform analisis data besar dan mengembangkan Teknologi Optimasi Virtual berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Di masa depan, Hankook juga bertujuan untuk membuat database respon ban dan kendaraan yang diuji di lingkungan yang paling parah. Dari sana, kemudian Hankook akan membangun Digital Twin guna memastikan teknologi asli dan inovatif untuk diterapkan pada mobilitas masa depan.

Selain itu, Hankook Tire berencana untuk secara aktif menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan yang berkaitan dengan mobilitas, lembaga penelitian dan pendidikan, serta perusahaan rintisan sambil mengembangkan budaya mengemudi dengan memanfaatkan infrastruktur mutakhir dari Hankook Technoring. Hal ini akan mengarahkan perusahaan tidak hanya untuk terus berinovasi dalam kemampuan R&D, tetapi juga untuk berkontribusi pada kemajuan teknologi mobilitas global.(ahmad)

Tags :