Evaluasi Mudik 2022, Angka Kecelakaan Diklaim Turun 45 Persen

  • Oleh : Fahmi

Senin, 20/Jun/2022 22:57 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Musim mudik 2022 diklaim sukses terselenggara. Salah satu indikasinya berdasarkan jumlah angka kecelakaan lalu lintas. 

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, angka kecelakaan pada musim mudik tahun ini lebih rendah atau turun 45 persen dibandingkan 2019. 

Baca Juga:
Angka Kecelakaan di Jalan Tol Ditargetkan Turun Jadi 1,09 Kejadian Per Km

"Yang membanggakan adalah kecelakaan lalu lintas turun. Terima kasih pak Kakorlantas sudah melakukan enforcement dan ini juga diikuti dengan penurunan jumlah pengguna sepeda motor," ucap Budi dalam rapat bersama Komisi V DPR, Senin (20/6/2022). 

Berdasarkan paparan dalam rapat, tercatat korban meninggal dunia pada musim mudik 2022 turun 72 persen, korban luka berat turun 24 persen, dan sebesar 42 persen penurunan untuk korban luka ringan. 

Baca Juga:
Kemenhub Sebut Angka Kecelakaan Jalan 103 Ribu Setahun

Menurut Budi, momen mudik tahun ini lebih menantang karena terjadi lonjakan yang cukup besar. Apalagi setelah masyarakat tak melakukan perjalanan ke kampung halaman lantaran adanya pandemi Covid-19. 

Total ada dua upaya yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama instansi terkait lainnya untuk kelancaran mudik 2022. Mulai dari melakukan riset dan simulasi. 

"Pertama riset, itu kita sangat kaget karena jumlahnya cukup besar. Tahap kedua kami lakukan simulasi sehingga melakukan upaya-upaya rekayasa lalu lintas baik one way, contraflow, pembatasan, dan ganjil genap yang baru pertama kali baru kita lakukan," ucap Budi.(fhm/sumber:kompas)