Gandeng Milenial, Capt. Alimudin Siap Pimpin INSA Jaya

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 24/Jun/2022 13:11 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kegiatan Rapat Anggota Cabang (RAC) dengan tiga orang calon yang akan ikut dalam pemilihan kursi kepemimpinan Ketua DPC Indonesia Shipowners' Association (INSA) Jaya yang akan berlangsung pada tanggal 30 Juni 2022.

Tiga orang yang akan ikut adalah Capt. Supriyanto (Berlian Pulau Mandangin), Capt. Alimudin (PT Armada Cakrawala Esa) , dan Munif ( (PT Bukit Barisan).

Selaku petahana, Capt. Alumudin siap dengan konsep inovasi dan dukungan kaum muda.

Ketika ditemui, Capt. Alimudin menyatakan dasar ingin maju lagi menjadi ketua adalah  agar INSA Jaya lebih berperan aktif  didalam membantu kepentingan anggota. Selain itu  agar anggota pengurus benar benar orang yang menguasai tugas di bidangnya.

"Ke depannya INSA Jaya bisa memiliki kantor sendiri yang layak  dan nyaman utk di datangi oleh anggotanya," kata Capt. Alimudin di Jakarta Senin ( 20/6).

Adapun visi dan misi yang digulirkan periode berikutnya jika terpilih, ia menyatakan tidak muluk- muluk tetapi dapat di implementasikan untuk kepentingan anggota khususnya  dan teman-teman organisasi lain dipelabuhan umumnya.

"Programnya dari sisi internal , pemberdayaan fungsi-fungsi  organisasi dan external menjalin hubungan baik dengan steakhokder pihak related authorities," sambung Capt. Alimudin.

Diakuinya berangkat dari pengalaman  periode sebelumnya  akan ditingkatkan kerja sama antar team work dimana masing masing pengurus bisa membuat dan menjalankan program untuk kepentingan semua anggota.

Periode sebelumnya Capt. Alimudin mengakui juga adanya kendala selama menjalankan program, berupa minimnya anggota pengurus sehingga banyak tugas tugas yang dirangkap oleh pengurus, sehingga kesannya timbul ego sektoral.

"Kalau saya terpilih untuk periode berikutnya, akan menempatkan tenaga tenaga muda ( milenial) yang mempunyai intelektual dan berwawasan yang visioner, cepat dan smart, sehingga akan ada estafet kepemimpinan pada generasi muda pelayaran," tegasnya.

Dikatakan pada periode mendatang akan melakukan inovasi. Hal itu didasari semakin tertantangnya atas berkembangnya  sumber daya manusia  melalui  pendidikan yang memadai dan semangat untuk perbaikan serta memiliki integritas untuk kemajuan dan nama baik asosiasi agar lebih di segani.

"Alhamdulillah, anggota milenial sudah ada dan siap membantu bekerja sama dengan inovasi yg baik untuk kemajuan organinsasi," katanya.

Menyoal pada iklim usaha pelayaran masa mendatang, Capt. Alimudin optimis  iklim usaha pelayaran semakin baik sesuai dengan perkembangan pembangunan dan kebutuhan masyarakat yg juga semakin besar sesuai tingkat kebutuhan hidup.

Atas adanya asumsi bahwa INSA Jaya selama beberapa waktu belakangan pasif atau minim kegiatan, Capt. Alimudin tidak menampiknya. Karena, sambungnya, terkait dengan masa wabah Covid 19 yang semua kegiatan selama dua tahun lebih dibatasi. " 

"Namun sebenarnya tidak  begitu benar soal INSA Jaya pasif,  kerena selama 6 tahun sudah  berjalan dengan baik hanya inovasi nya yang kurang," ujarnya.

Terkait adanya pesaing dalam pemilihan ketua DPC INSA Jaya dari pengurus lainnya, Capt. Alimudin menyatakan dalam suatu organisasi, saya rasa wajar dan bebas secara demokrasi sepanjang memenuhi persyaratan sesuai AD ART organisasi.

"Bagi saya, jabatan itu adalah amanah dengan konsekwensi bertanggung jawab kepada Allah Tuhan YME atas amanah yg di berikan," tutup Capt. Alimudin.

Sementara itu, Ronny, salah seorang pengusaha  pelayaran anggota INSA Jaya siap memberikan dukungan pada Capt. Alimudin karena sudah menawarkan konsep program yang jelas dan mengajak kalangan anak muda yang populer disebut Milenial untuk bergabung pada pengurusan ke depannya dan menyiapkan Langkan estafet kepemimpinan pada kalangan muda.

"Kami siap memberikan dukungan buat Capt. Alimudin, karena menawarkan program yang jelas dalam rangka  inovasi dan memberikan kalangan anak muda untuk ikut dalam kepengurusannya, sebagai bentuk estafet kepemimpinan," kata Ronny yang juga Ketua PPOP Tanjung Priok.(ahmad)