PPI Curug dan Pemda Tangerang Kerja Sama Pengembangan Wisata Edukasi Dirgantara

  • Oleh : Naomy

Rabu, 29/Jun/2022 07:37 WIB
Kerja sama wisata edukasi dirgantara Kerja sama wisata edukasi dirgantara


TANGERANG (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug dan Pemerintah Kabupaten Tangerang menjalin kerja sama untuk pengembangan potensi wisata edukasi dirgantara di Kabupaten Tangerang. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Direktur PPI Curug Asri Santosa dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang Yusuf Herawan di Fly Camp PPI Curug, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga:
Yes, 68 Lulusan Diwisuda Perdana di Poltekbang Jayapura, Torang Bisa! Torang Basodara!

Turut menyaksikan Sekretaris BPSDM Perhubungan, Capt. Antoni Arif Priadi.

"BPSDMP terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa pemerintah didorong untuk lebih kreatif dan inovatif serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," urai Capt. Antoni.

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Salah satu cara memberikan ruang yang cukup bagi unit kerja untuk mengembangkan layanan adalah di bawah kerangka Badan Layanan Umum (BLU). Melalui BLU ini BPSDM Perhubungan berupaya untuk terus memberikan layanan yang lebih variatif dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk layanan yang lebih baik. 

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Perhubungan menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong seluruh Sub Sektor di lingkungan Kemenhub untuk membentuk BLU dan secara kreatif mencari peluang pengembangan usaha termasuk juga kemungkinan berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan juga antar sesama BLU antarkementerian dan juga internal.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

“Salah satu bentuk implementasi yang dilakukan oleh BPSDM Perhubungan yaitu optimalisasi aset BLU melalui penyediaan wisata fly camp yang berada di dalam area yang Politeknik Penerbangan Indonesia Curug dalam rangka mewujudkan program Edu Aero Wisata yang telah dicanangkan sebelumnya," ujarnya.

Selain berfokus pada pembentukan SDM transportasi yang memiliki nilai-nilai Prestasi (profesional, etika, standar global, dan integritas), menurutnya, seluruh pimpinan BLU di lingkungan BPSDMP juga telah melaksanakan penandatanganan kontrak kinerja dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.
 
Di mana setiap pimpinan BLU diminta untuk melaksanakan optimalisasi aset BLU yang dimulai dari mapping terhadap seluruh aset yang dimiliki baik aset yang digunakan maupun aset idle, serta memastikan perencanaan penggunaan aset BLU dalam rangka pengembangan maupun peningkatan layanan serta pengembangan bisnis.

"Menjawab tantangan tersebut, BPSDMP mencoba menghadirkan ide yang kreatif, inovatif, dan out of the box, namun tetap akuntabel, satunya dengan peresmian Fly Camp dan penandatanganan kerja sama pengembangan potensi wisata edukasi dirgantara ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PPI Curug Asri menyampaikan, Fly Camp yang diresmikan hari ini berlokasi di  lahan sekitar danau PPI Curug dengan luas 7.820 meter persegi yang dibangun oleh PT. Radiatil Alfaris Gemilang selaku mitra pengelolaan wisata.

"Mitra mendirikan gedung dan bangunan berikut dengan fasilitasnya di atas tanah milik BLU, untuk kemudian digunakan oleh mitra dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi BLU, tentunya sesuai dengan jangka waktu yang disepakati dalam perjanjian," katanya.

Selanjutnya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang, Yusuf  menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang berperan dalam mewujudkan wisata edukasi dirgantara, serta diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pembangunan di masa yang akan datang, baik di sektor wisata maupun sektor lainnya.

"Melalui Fly Camp ini diharapkan dapat menjadi solusi dan alih pengetahuan dalam hal edukasi bagi masyarakat dalam segi keilmuan dunia penerbangan yg jarang dapat ditemui oleh masyarakat umum. 

Diharapkan desain perencanaan teknis wisata edukasi dirgantara dapat terselesaikan secepatnya," ungkapnya. (omy)