Balifiber Dukung Kawasan Ekowisata Waduk Setu Cipayung Kembali Bangkit

  • Oleh : Naomy

Minggu, 03/Jul/2022 17:49 WIB
Wisata Waduk Setu Cipayung Wisata Waduk Setu Cipayung


JAKARTA (BeritaTrans.com) –  Meriahkan HUT ke-495 DKI Jakarta, Komunitas Penggiat dan Pencinta Seni Betawi (KP2SB) gelar event rakyat bertajuk “Hajatan Waduk Setu 2022” 1 - 3 Juli 2022. 

Terletak di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, waduk Setu Cipayung menjadi salah satu destinasi ekowisata yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Baca Juga:
Hai Pengunjung PRJ, Yuk Cobain Akses Internet Cepat dan Gratis di Seluruh Area Hall C-1

Kegiatan yang dihelat di waduk seluas kurang lebih tiga hektar ini, diharapkan dapat menghidupkan kembali interaksi sosial kemasyarakatan dan sendi-sendi ekonomi yang sempat redup akibat pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Hajatan Waduk Setu, Ma’ah Setiawan menuturkan, kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih baik secara internal, yaitu kehidupan para anggota KP2SB, maupun secara eksternal, yaitu masyarakat umum pencinta seni dan produk-produk usaha kecil Betawi.

"KP2SB merupakan wadah berhimpunnya para pelaku kesenian Betawi serta para kelompok usaha kecil dengan nuansa Betawi (pangan dan kerajinan tangan)," katanya, Ahad (3/7/2022). 

Sasaran acara hajatan ini termasuk masyarakat umum dan berbagai komunitas seperti sanggar kesenian Betawi, komunitas ondel-ondel, kelompok UMKM tradisional, kelompok ekonomi kreatif Betawi, ibu-ibu PKK di wilayah Kecamatan Cipayung, serta komunitas lainnya.

“Hajatan Waduk Setu adalah bagian dari tradisi warga Jakarta, khususnya Cipayung. Kita ingin berikan hiburan buat masyarakat, sekaligus memfasilitasi warga buat berkegiatan selanjutnya setelah pandemi ini,” urainya.

Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah anggota pemerintahan dan dinas terkait serta sederet artis lawak Betawi seperti Bang Madit, Opie Kumis, dan Daus Mini.

Waduk ini bukan hanya untuk pengendalian banjir, tapi juga manfaat untuk warga. 

"Kembangkan terus, lakukan inovasi-inovasi untuk kepentingan masyarakat kita,” harap Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pelanggan, Balifiber sebagai internet service provider yang tersedia di wilayah Cipayung, Jakarta Timur, turut berpartisipasi pada kegiatan kali ini dengan memberikan beberapa kelengkapan atribut acara, seperti tenda pameran, umbul-umbul, spanduk, baliho dan bendera untuk kebutuhan lomba. 

Beragam merchandise seperti topi, lanyard, tumbler, alat makan set, handsanitizer, dan balon juga disediakan untuk menambah kemeriahan hajatan masyarakat Cipayung. 

Tak hanya itu, Balifiber juga memberikan akses internet gratis bagi warga Cipayung dan sekitarnya yang ingin beraktivitas di area Waduk Setu. 

Head of Marketing Communication & Communication Balifiber Yohanes Krisanto menyampaikan, selain beberapa wilayah di Cipayung yang sudah lebih dahulu menjadi area coverage Balifiber, pada awal Juni 2022, Balifiber telah memperluas jaringannya di wilayah Setu RW 03.

“Kami dukung warga Cipayung untuk bangkit lagi. Engga cuma atribut-atribut acara, tapi kami juga support internet gratis di area Waduk Setu,” ujar Yohanes.

Berbagai perlombaan diadakan untuk menambah keseruan Hajatan Waduk Setu, diantaranya lomba abang none cilik, lomba ketapel, lomba mewarnai, lomba Layangan, lomba kano, karnaval gerobak motor hias dan lomba perahu dayung yang akan menjadi puncak kegiatan untuk memperebutkan piala bergilir Gubernur DKI Jakarta.

Untuk menambah kemeriahan Hajatan kali ini juga terdapat panggung hiburan, pertunjukan ujungan, festival ondel-ondel, dan pameran busana serta aksesoris lengkap dengan souvenir Betawi. 

“Kami harap acara ini dan khususnye Waduk Setu bisa jadi tempat yang nyaman dan menyenangkan biar warga sekitar bisa rekreasi yang gak jauh-jauh dari rumahnya, sekaligus jadi sarana healing kalo kate anak sekarang,” kata Ma’ah. (omy)

Tags :