Poltekpel Sulut dan Poltekpar Bali Jalin Kerja Sama Strategis

  • Oleh : Naomy

Rabu, 06/Jul/2022 05:34 WIB
Kerja sama Kemenhub dan Kemenparekraf bidang pendidikan Kerja sama Kemenhub dan Kemenparekraf bidang pendidikan

BALI (BeritaTrans.com) -  Dalam rangka sinergitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara menjalin kerja sama strategis dengan Politeknik Pariwisata Bali yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kolaborasi ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani bersama oleh Direktur Politeknik Pariwisata Bali Drs. Ida Bagus Putu Puja dan Direktur Poltekpel Sulawesi Utara Capt.Rudi Susanto, disaksikan Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi serta Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Faizal di Kampus Politeknik Pariwisata Bali Kabupaten Badung - Bali, Selasa (5/7/2022). 

Baca Juga:
Yes, 68 Lulusan Diwisuda Perdana di Poltekbang Jayapura, Torang Bisa! Torang Basodara!

Pada kesempatan itu, Sekretaris BPSDMP menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu langkah nyata sinergi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh kampus-kampus di lingkungan Kemenhub dan Kemenparekraf.

“BPSDMP terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan," urainya. 

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan upaya BPSDMP dalam peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan mutu lulusan. 

"Bagi lulusan perguruan tinggi vokasi seperti yang ada di lingkungan BPSDM Perhubungan akan diberikan nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global, Integritas) selama menjalani pendidikan," tambahnya. 

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Adapun ruang lingkup dalam kerja sama ini antara lain: pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pemanfaatan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pertukaran dosen dan tenaga pengajar serta kegiatan lain yang disepakati antar kampus. 

“Saya berharap kedua kampus nantinya dapat mengoptimalkan implementasi dari PKS ini dalam upaya kita bersama menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata dia. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa melalui PKS ini akan berkolaborasi untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana untuk akselerasi Program Studi Di luar Kampus Utama yaitu di Sulawesi Utara.

“Penandatanganan PKS untuk mendukung pengembangan SDM pendidikan vokasi untuk Program Studi Manajemen Konvensi dan Perilaku serta Program Studi Seni Kuliner,” tutur Faizal. (omy)