Sinergi Regulator dan Operator Demi Tingkatkan Keselamatan Penerbangan di Papua

  • Oleh : Naomy

Rabu, 06/Jul/2022 12:16 WIB
FGD Ditjen Hubud FGD Ditjen Hubud

 

JAYAPURA (BeritaTrans.com) - Dalam upaya meningkatkan keselamatan penerbangan, terutama dalam hal safety awareness khususnya di Wilayah Papua, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara menggelar Forum Group Discussion bertema “Peningkatan Keselamatan Penerbangan di Papua”, di Jayapura, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga:
Ditjen Hubud Dukung Pengujian BioAvtur Pesawat

Acara yang dihadiri oleh para operator bandara, maskapai, GSE, MRO, Perum LPPNPI dan mitra kerja terkait, terutama BMKG, dilaksanakan sebagai ajang diskusi serta interaksi, antara regulator dan operator penerbangan, terkait segala dinamika dan permasalahan di lapangan.

"Agar memeroleh solusi yang aplikatif demi menjaga  dan meningkatkan tingkat keselamatan penerbangan," jelas Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono.

Baca Juga:
Mantap, Citilink jadi Maskapai Indonesia Pertama Terbangi Rute Bali-Papua Nugini

Dia meminta stakeholders penerbangan agar patuh dan disiplin serta konsisten terhadap aturan, sesuai dengan prosedur yang berlaku dan sudah disepakati.

"Keselamatan penerbangan adalah tanggung jawab semua pihak, untuk itu kami imbau kepada operator bandara, maskapai dan mitra kerja untuk disiplin menjalankan aturan tanpa terkecuali," ungkapnya.

Baca Juga:
Penerbangan Perintis Perdana Kargo Korwil Oksibil Papua Dimulai

Mengamati data dan laporan penerbangan akhir-akhir ini khususnya di wilayah Papua, maka diperlukan evaluasi terkait apa saja yang menjadi kendala operasional, untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Selain keselamatan, isu yang tidak kalah penting adalah terkait keamanan. Menurutnya, keselamatan dan keamanan penerbangan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. 

“3S+1C, ini menjadi acuan bahwa keamanan merupakan hal penting dan harus berjalan beriringan dengan keselamatan penerbangan,” ujarnya.

Ditjen Perhubungan Udara telah melakukan berbagai upaya, untuk terus menjaga dan meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan tidak terkecuali di Papua. 

Upaya yang dilakukan mulai dari inspeksi,
surveillance, audit maupun ramp check.

"Kami harap forum ini dapat menambah sinergi dan kolaborasi semua pihak, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan, demi mewujudkan penerbangan yang Selamat, Aman dan Nyaman," kata Nur Isnin. (omy)