STIP Jakarta, STTD-PTDI, dan PPI Curug Kolaborasi dengan Yayasan Guru Belajar

  • Oleh : Naomy

Rabu, 06/Jul/2022 21:08 WIB
Kerja sama BPSDMP dan YGB Kerja sama BPSDMP dan YGB

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub melalui Politeknik Transportasi Darat Indonesa – STTD Bekasi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, dan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug berkolaborasi dengan Yayasan Guru Belajar (YGB).

Kerja sama ini guna meningkatkan kompetensi Pegawai dan Taruna di lingkungan BPSDM Perhubungan dalam memproduksi dan menyampaikan data serta informasi transportasi dan mengelola perpustakaan berbasis digital dan lebih modern.

Baca Juga:
Sekretaris BPSDMP Tekankan Pentingnya Kemampuan Koordinasi

Kolaborasi ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesa – STTD Bekasi, Ahmad Yani, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Capt. Sudiono, dan Direktur Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Asri Santosa dengan Ketua Yayasan Guru Belajar (YGB) Budi Setiawan Muhamad, disaksikan oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. A. Arif Priadi dan Kapusbang SDM Perhubungan Darat Nahdudin  bertempat di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Kerja sama ini dilakukan dalam upaya BPSDMP Kemenhub bersama YGB untuk meningkatkan kompetensi pustakawan, pegawai dan taruna dalam penguasaan teknologi dalam rangka digitalisasi pengelolaan data dan manajemen perpustakaan di lingkungan Perguruan Tinggi BPSDMP. 

Baca Juga:
Wujudkan SDM Maritim yang Unggul, STIP Gelar Kegiatan DPM bagi 395 Siswa SMK Pelayaran secara Gratis

Beberapa program pelatihan yang akan dilaksanakan antara lain pelatihan design thinking, pelatihan content creator, pelatihan digital lab, dan pelatihan personal branding.

“Perjanjian kerja sama ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Perhubungan pada Rapat Pimpinan akhir tahun 2021 terkait digitalisasi pengembangan perpustakaan perguruan tinggi di lingkungan BPSDM Perhubungan," ungkap Capt. Arif

Baca Juga:
Optimalkan Kerja Sama Bidang Maritim,Tim PCL Kunjungi Kampus STIP Jakarta

BPSDMP terus mendorong seluruh Perguruan Tingginya untuk melakukan digitalisasi perpustakaan dengan tujuan menjadi lebih dinamis sehingga menjadi tempat baca yang atraktif, interaktif, edukatif, dan rekreatif bagi seluruh pengunjungnya.

“Saat ini, transformasi digital tidak terhindarkan termasuk di dunia pendidikan, setiap perguruan tinggi dituntut untuk melakukan transformasi digital guna menciptakan sistem pendidikan yang borderless tanpa ada batasan ruang dan waktu," tambahnya.

Dia menyampaikan, melalui program ini diharapkan akan menghasilkan resource berbentuk digital untuk pembelajaran bagi para peserta didik baik Taruna maupun peserta diklat, serta menghasilkan personal branding yang baik bagi para pegawai dan Taruna di lingkungan BPSDMP, yang nantinya akan mempu meningkatkan corporate branding BPSDM Perhubungan.

“Peserta yang nantinya mengikuti program ini harus benar-benar dipilih dan diharapkan akan memberikan manfaat yang berkelanjutan, baik bagi peserta sebagai individu maupun bagi instansi dalam hal ini BPSDM Perhubungan," lanjutnya.

Di akhir sambutannya, dia berharap dari langkah awal ini akan dapat mengoptimalkan kompetensi taruna dan pegawai yang mengikuti program ini serta memberikan dampak yang besar di masa yang akan datang guna mewujudkan SDM Transportasi yang memiliki nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas.

Ketua YGB Budi menyampaikan bahwa saat berkunjung ke beberapa Perguruan Tinggi BPSDMP ditemukan banyak informasi menarik terkait profesi di dunia transportasi, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui prospek kerja dan dunia trasnportasi yang cukup menjanjikan ini. 

"Di era media sosial saat ini penentu kesuksesan bukan hanya kompetensi dan kapasitas, namun juga komunikasi yang baik kepada publik," katanya.

Harapannya, melalui program ini pihaknya akan dapat berkontribusi dalam memproduksi konten serta mengkomunikasikan terkait kompetensi, kapasitas, dan kualitas dari Perguruan Tinggi Kemenhub dan SDM transportasi yang dihasilkan kepada masyarakat luas," bebernya.

Dalam Laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Bagian Umum, Set. BPSDMP, Sindu Rahayu, di bawah kerangka kerja sama ini, akan diberikan kompetensi kepada 210 orang yang terdiri dari taruna dan pegawai dari tiga Perguruan Tinggi BPSDMP selama tiga bulan. 

"Diharapkan dari pelatihan ini akan lahir taruna dan pegawai yang memiliki kemampuan mengubah substansi buku-buku, jurnal maupun hasil penelitian yang ada di perpustakaan kedalam bentuk digital berupa konten media sosisal yang menarik," ucapnya. 

Nanti pada akhir masa pelatihan, akan ada sesi pameran karya hasil dari pelatihan secara daring.

“Setelah tiga bulan mendapatkan pelatihan terhitung mulai hari ini sampai dengan akhir September 2022, diharapkan pegawai dan taruna bisa mengkonversi substansi dalam buku, jurnal, hasil penelitian maupun substansi formal lainnya kedalam bentuk digital yang akan menjadi konten yang digemari dan hasilnya akan dipamerkan di akhir waktu pelatihan," ulasnya. (omy)