Kepala BPSDMP Lantik 344 Perwira Program Diklat Peningkatan dan Pembentukan PIP Makassar

  • Oleh : Naomy

Rabu, 13/Jul/2022 01:27 WIB
Kepala BPSDMP saat pelabtikan  di PIP Makassar Kepala BPSDMP saat pelabtikan di PIP Makassar


MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono melantik 344 perwira pelayaran lulusan diklat peningkatan Tingkat I, II, III, IV, V dan Diklat Pembentukan Tingkat III Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. 

Upacara pelantikan di lapangan Kampus PIP Makassar dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

"Penutupan diklat peningkatan dan upacara wisuda bukan merupakan tujuan akhir, namun justru awal dari tanggung jawab yang kebih besar, tuntutan kompetensi dan kualitas yang lebih baik," tegasnya.

Dia mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Menurutnya, diklat yang diselenggarakan PIP Makassar sesuai dengan jenjang kompetensi keahlian sebagaimana diatur pada standar nasional bidang pendidikan dan pelatihan, serta standar internasional STCW beserta amandemennya.

Baca Juga:
Poltekbang Makassar dan Lion Group Seleksi Lulusan jadi Calon Mekanik Pesawat Udara

Upacara wisuda kali ini mengusung tema “Sea Transportation by Clean Oceans and Safe Sailing Around the World” di mana hal ini mencerminkan bagaimana Kementerian Perhubungan melalui BPSDMP siap mendukung terwujudnya pelayaran yang aman, berkelanjutan serta ramah lingkungan dengan menyiapkan SDM transportasi yang kompeten dan andal di bidangnya.

“Sebagai perwira pelayaran, baik di daerah nearcoastal maupun seagoing, saya yakin saudara sekalian memiliki keunggulan dan daya saing sebagai kunci untuk memenangkan persaingan di dunia global dengan kemampuan adaptasi terhadap perkembangan teknologi pelayaran," urainya.

Baca Juga:
Wow, 3.350 Peserta Lolos Jadi Calon Taruna Perguruan Tinggi Kemenhub Jalur Pola Pembibitan

Djoko menambahkan, memasuki era society 5.0 terjadi perubahan yang masif pada perbagai industri dan kebutuhan kemampuan pekerja. 

Ciri khas revolusi generasi ini adalah banyaknya tenaga manusia yang sudah digantikan oleh robot yang telah dikendalikan oleh komputer. 

“Diperlukan reformulasi proses pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah. Maka kita harus terus up to date tentang perubahan agar mampu menyiapkan lulusan yang terbiasa berpikir kritis, sehingga mampu mengembangkan kreatifitasnya," ujarnya. 

Kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini belum usai, dalam keadaan ini terkadang justru lahir peluang baru yang cukup menjanjikan. 

Oleh karena itu, tantangan ini perlu disikapi sebagai pemicu semangat untuk menjadi lebih unggul dalam memenangkan dan menaklukkan tantangan yang lebih besar di masa yang akan datang.

“Kondisi pandemi yang saat ini masih berlangsung tidak seharusnya menyurutkan semangat untuk bekerja dan berkarir di bidang pelayaran, namun justru menjadi pemicu semangat beradaptasi serta mencari peluang baru," lanjutnya.

Senada dengan Kepala BPSDMP, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt A Arif Priadi, yang juga turut hadir dalam pelantikan ini mengingatkan para lulusan agar nantinya membawa nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) yang telah didapat selama menjalani pendidikan di kampus Kemenhub kedalam dunia kerja.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Politeknik Pelayaran (PIP) Makassar, Capt. Sukirno melaporkan bahwa wisudawan yang dilantik pada hari ini berjumlah 344 orang yang merupakan para pelaut lulusan dari Diklat Pelaut Tingkat I, II, III, IV, V dan Diklat Pembentukan Tingkat III.

Rinciannya, 18 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Nautika Tingkat I, 25 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Teknika Tingkat I, 28 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Nautika Tingkat II, 41 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Teknika Tingkat II, 26 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Nautika Tingkat III, 18 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Teknika Tingkat III, 45 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Nautika Tingkat IV.

Selanjutnya 27 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Teknika Tingkat IV, 63 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Nautika Tingkat V, 38 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Teknika Tingkat V, 9 orang lulusan Diklat Pembentukan Tingkat III Ahli Nautika, dan 6 orang lulusan Diklat Pembentukan Tingkat III Ahli Teknika.

Setelah memimpin upacara wisuda, Djoko meresmikan Panrita English Village, Star Crewing Agency BLU PIP Makassar, Blue Ocean International Shipping PIP Makassar dan Edu Wisata PIP Makassar. (omy)