Bus Tingkat 3 Pertama di Indonesia, Punya PO Mana Ya?

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 16/Jul/2022 09:15 WIB
 PO bus Borlindo memesan bus tingkat tiga model Avante D2 dengan sasis Volvo B11R.  (Foto: Tangkapan Layar/Istimewa) PO bus Borlindo memesan bus tingkat tiga model Avante D2 dengan sasis Volvo B11R.  (Foto: Tangkapan Layar/Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perusahaan otobus (PO) di Indonesia berlomba menghadirkan angkutan dengan desain mewah dan ikonik. Salah satunya yang sedang tren model bus double decker.  

Namun, yang unik meluncur bus pertama di Indonesia yang memiliki tempat duduk tiga tingkat. Wow, bus milik PO manakah itu?  

Baca Juga:
PO Juragan 99 Rilis Bus Tingkat Baru Super Mewah

Jawabannya, bukan dari Jawa atau Sumatera. Kendaraan tersebut milik PO bus asal Sulawesi Selatan, Borlindo. Dalam merayakan ulang tahun kelima, PT Borlindo Mandiri Jaya berkolaborasi dengan karoseri Tentrem memesan bus model Avante D2 dengan sasis Volvo B11R.  

Tenaga yang dihasilkan dari merek mobil asal Swedia ini sebesar 430 horse power (hp). Untuk diameter, Borlindo Avante D2 memiliki panjang 13,5 meter, tinggi 4,08 meter dengan model tiga baris roda.  

Baca Juga:
Alasan PO Bus Minta Bodi dengan Pintu di Tengah

Menariknya meski mobil ini dikategorikan double decker, namun memiliki tiga tingkat tempat duduk. Di lantai bawah ada 11 kursi sleeper yang didesain dua tingkat. Sementara di lantai dua ada 24 seat kelas super eksekutif dan super eksekutif.  

Ini menjadi konsep baru mengingat bus double decker lain hanya memiliki kursi dua tingkat. Jika ini berhasil dan disukai penumpang akan menjadi tren baru desain bus di Indonesia.  

Baca Juga:
PO Primadona Akhirnya Rilis Bus Tingkat dari Karoseri New Armada

Bagi PO bus konsep ini menguntungkan karena memiliki kapasitas penumpang lebih banyak, namun tidak mengorbankan kenyamanan dengan ruang duduk cukup lega. 

Bus ini kemungkinan akan digunakan PO Borlindo untuk melayani Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Sulawesi Selatan. Melihat kondisi medan di Sulawesi yang banyak pohon rindang, bus ini memiliki semacam tameng di bagian atas agar kaca tidak pecah saat mengenai dahan pohon. (fh/sumber:inews)