Aturan Baru Naik KRL, Begini Suasana di Stasiun Bekasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 18/Jul/2022 11:22 WIB
Penumpang KRL hendak masuk melakukan tap tiket di Stasiun Bekasi. Penumpang KRL hendak masuk melakukan tap tiket di Stasiun Bekasi.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Commuterline tampak ramai hilir mudik di Stasiun Bekasi pada Senin (18/7/2022) sejak pagi. Pada pemberlakuan aturan perjalanan terbaru, suasana di situ tampak normal.

KAI Commuter atau KCI, mulai 17 Juli 2022 kemarin memberlakukan operasional pelayanan perjalanan KRL Jabodetabek sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 72 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga:
KAI Tutup 127 Perlintasan Sebidang Sepanjang 2024: Tingkatkan Keselamatan

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba,l dalam keterangan resmi, beberapa waktu lalu mengatakan, pemberlakuan SE tersebut penumpang kereta api komuter wajib vaksin Covid-19 sebagai syarat menggunakan KRL ataupun KA Lokal.

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id pada Senin di stasiun tersebut tampak ramai. Petugas banyak yang berjaga mulai dari area pintu masuk hingga di dalam peron saat penumpang naik turun KRL.

Baca Juga:
KCI dan Balai Perawatan Perkeretaapian DJKA Kerja Sama Operasikan Depo KRL Solo Jebres

Di Stasiun Bekasi, pada pagi petugas menyiapkan poster kode QR Aplikasi Peduli Lindungi mulai dari pintu gerbang halaman stasiun. Hal itu juga untuk mengantisipasi penumpukan penumpang saat hendak naik tangga hingga melakukan tap tiket.

Baca Juga:
KAI Daop 1Jalankan KA Rute Terpanjang, Blambangan Ekspres relasi Jakarta-Banyuwangi

Petugas juga tampak mengatur penumpang yang membawa anak di bawah lima tahun yang akan menggunakan KRL. Petugas mempersilahkan calon penumpang dengan anak menunggu untuk masuk stasiun tersebut pada pukul 9.00 WIB. 

Berikut syarat menggunakan KRL dan KA Lokal:

a. Memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan masuk area stasiun.
b. Memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
c. Menggunkan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta.

Pelayanan KRL Jabodetabek saat ini diperkenankan melayani pengguna hingga 80% dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh. Adapun jam operasional KRL Jobodetabek tetap beroperasi mulai pukul 04:00 – 24:00 WIB dengan 1.081 perjalanan per harinya. (fahmi)