Ditjen Hubla Prioritaskan 6 Pilar Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Jul/2022 21:11 WIB
Ditjen Hubla Ditjen Hubla

 

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) - Tingkatkan produktivitas transformasi ekonomi yang iklusif dan berkelanjutan, Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Bagian Perencanaan menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja dan anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dalam pagu Anggaran Ditjen Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga:
Mantap, Uji Coba Sandar Kapal di Pelabuhan Sanur Berjalan Sukses

Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Hubla Ciptadi D.P mewakili Plt Sekretaris Direktur jenderal Perhubungan Laut menyebutkan, pihaknya mendukung arah kebijakan mendorong pemulihan dunia usaha, percepatan pembangunan infrastruktur dasar, dan Pembangunan Ibukota Negara dengan memprioritaskan pada enam pilar.

"Yaitu perwujudan angkutan laut yang murah, mudah, simple dan kompetitif; peningkatan konektivitas transportasi laut; penyediaan infrastruktur Pelabuhan Laut yang berdaya saing; peningkatan kepatuhan terhadap regulasi Keselamatan, Keamanan dan Perlindungan Lingkungan Maritim," ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga:
Kemenhub Segera Tetapkan Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Susoh

Selain itu peningkatan efektivitas penegakan hukum di laut dan terakhir adalah peningkatan integrasi dalam Pengelolaan Organisasi.

Adapun program-program prioritas Ditjen Perhubungan Laut TA. 2022 yaitu meliputi penyelenggaraan subsidi berupa Angkutan Tol Laut, Angkutan Laut Perintis, Angkutan laut kapal Ternak dengan total 158 trayek, penyelenggaraan Angkutan kapal Rede sebanyak 16 unit, pembangunan Pelabuhan sebanyak 40 lokasi dan pembangunan serta rehabilitasi Sarana Bantu Navigasi pelayaran dan beberapa kegiatan lainnya.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Susun PNBP Tahap Alokasi Tahun 2023 dan Indikatif 2024

"Kegiatan pengalokasian anggaran TA. 2023 diharapkan dapat diikuti dengan baik oleh para peserta yang hadir sebagai bekal penyusunan Pagu Anggaran dalam aplikasi Sakti Kementerian Keuangan dan aplikasi E-Planning & Budgeting Kementerian Perhubungan yang akan dilakukan oleh seluruh UPT dan Satuan Kerja Kantor Pusat," ujarnya.

Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) Ditjen Perhubungan Laut TA. 2023 dilaksanakan 20 s.d 22 Juli 2022  di Yogyakarta, ini juga memprioritaskan dukungan adanya Program Nasional (PN) berupa Major Project seperti dukungan pada Kawasan Pariwisata, Kawasan Industri, Kawasan KEK serta Penyelenggaraan Transportasi Laut yang berbasis Indonesia Sentris.

Ciptadi berterimakasih kepada para narasumber yang kompeten di bidangnya baik dari Kementerian PPN/Bappenas, kementerian keuangan, Inspektorat Jenderal, Biro Perencanaan, Biro Layanan Pengadaan dan Pengelolaan BMN kemenhub, serta Bagian Perencanaan Ditjen Hubla.

"Terima kasih untuk narasumber dan juga seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan ini," tutupnya. (omy)