Kepala BPSDMP Resmikan SDGs Centre Poltekpel Banten

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Jul/2022 06:37 WIB
Peresmian SDGs Centre Peresmian SDGs Centre

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia. 

Hal ini juga menjadi komitmen Presiden dalam rangka pembangunan berkelanjutan demi Indonesia yang lebih adil dan sejahtera. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Guna mewujudkan hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Poltekpel Banten mendirikan Sustainable Development Goals (SDGs) Centre yang diresmikan Kepala BPSDMP Djoko Sasono di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Djoko menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong agar Kementerian Perhubungan turut mensukseskan Sustainable Development Goals (SDGs). 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

"Seluruh sub sektor diminta untuk mengembangkan transportasi yang memanfaatkan teknologi dengan prinsip berkelanjutan (sustainable) dengan mengadopsi konsep Smart City, Green City dan Sustainable City," ungkapnya.

Dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan SDM Transportasi, Menhub juga terus mendorong kampus BPSDMP untuk mensukseskan SDGs dengan menciptakan inovasi Program Pendidikan dan Pelatihan SDM Transportasi sesuai dengan Target nomor 4 dalam SDGs yaitu Penyediaan Pendidikan yang berkualitas. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Dia mengapresiasi Poltekpel Banten sebagai kampus BPSDMP pertama yang memiliki SDGs Centre.

“Saya selaku Kepala BPSDMP mendorong Perguruan Tinggi lain di lingkungan BPSDMP benchmarking ke Poktekpel Banten dan melakukan hal yang sama sehingga tujuan SDGs dapat dicapai dan disukseskan melalui penyediaan Pendidikan dan Pelatihan Transportasi yang berkualitas dengan mengedepankan prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan demi meningkatkan kualitas hidup setiap generasi," bebernya.

Direktur Poltekpel Banten, Heru Widada menyampaikan, sebagai perguruan tinggi vokasi kedinasan yang unggul dan berstandar Internasional di bawah naungan BPSDMP, pihaknya berkomitmen mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs khususnya dalam sektor Maritim, sekaligus menjadi katalisator bagi perguruan tinggi kedinasan lain di Indonesia untuk turut menyukseskan SDGs 2030.

“Harapan kami, SDGs Center ini nantinya bukan hanya unggul di tataran konsep, melainkan pada tataran implementasi melalui program Mata Kuliah Wajib (mandatory) tentang kepedulian lingkungan dan pencegahan pencemaran laut. Hal ini juga sejalan dengan kurikulum Internasional STCW (Standards of Training, Certifitation and Watchkeeping) Amandemen Manila 2010,' paparnya.

Turut hadir dalam acara peresmian sekaligus Forum Group Discussion malam ini, yaitu  Division of Convergence on Marine Science, Korea Maritime & Ocean University, Professor Sun-Young Lim, Kepala Sekretariat Nasional SDGs dan Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS), Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc., Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura, Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri, Hari Prabowo, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi, Para Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan BPSDMP. (omy)