Menkominfo Optimistis Operasi Komersial Satelit HBA Sesuai Rencana

  • Oleh : Naomy

Rabu, 27/Jul/2022 14:45 WIB
Menteri Kominfo di LA Menteri Kominfo di LA


LOS ANGELES (BeritaTrans.com) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengadakan pertemuan dengan Boeing, Space X, dan Hughes Network System (HNS) di Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (25/7/2022) waktu setempat atau Selasa (26/7/2022) waktu Indonesia. 

Dalam pertemuan yang berlangsung berurutan itu, Menkominfo hendak memastikan operasi komersial Hot Backup Satellite (HBS) yang pembuatan dan peluncurannya melibatkan ketiga perusahaan berlangsung sesuai dengan rencana jadwal.

Baca Juga:
Bersama Siberkreasi, Kominfo Gelar Kelas Personal Branding

Menkominfo dalam pertemuan itu didampingi Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kemkominfo Anang Latif, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail, Dirjen Informasi dan Komunikasi  Publik Kemkominfo Usman Kansong, Direktur Utama Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso. 

PSN adalah perusahaan swasta yang bekerja sama dengan Bakti Kemkominfo dalam pengadaan satelit.

Baca Juga:
Kominfo Dorong Pelaku UMKM Papua Masuk ke Ekosistem Digital

Setelah pertemuan, Menteri Johnny menyatakan optimismenya jadwal peluncuran dan operasi komersial HBS berlangsung tepat waktu. 

Menkominfo juga optimistis pandemi Covid-19 dan situasi geopolitik tidak menghalangi proses transformasi digital Indonesia melalui pengadaan satelit.

Baca Juga:
Menparekraf dan Menkominfo Singapura Bahas Kerja Sama Konektivitas dan Digitalisasi UMKM Ekraf

Satelit HBS sebagai bentuk kerja sama antara Kemkominfo dan pihak swasta ini berkapasitas 160 giga bits per second. 

Sebesar 80 giga bits per second akan dipakai pemerintah, 70 giga bits per second untuk swasta nasional dan 10 giga bits per second untuk negara-negara ASEAN.  

Satelit ini didukung 18 stasiun bumi di 14 lokasi (gateway). Gateway utama ada di Cikarang, Jawa Barat.
Menteri Johnny  bertemu dengan President of Boeing Commercial Satellite International System Ryan Reid dan sejumlah eksekutif Boeing di kantor Boeing di El Segundo, Los Angeles.  

Menkominfo dan rombongan berkesempatan melihat kemajuan pembuatan HBS di pabrik Boeing. 

"Boeing mengonfirmasi satelit diluncurkan awal Mei 2023 dan commercial operation September 2023," ungkap Menteri Johnny.

Di SpaceX, Menkominfo bertemu dengan Vice President, Mission Management, Jessica Jensen, dan Vice President, Commercial Sales, Tom Ochinero di markas SpaceX di Hawthorne, California. 

Menkominfo berkesempatan meninjau pabrik pembuatan roket SpaceX. "SpaceX  mengonfirmasi kesiapan peluncur Falcon 9 untuk mengorbitkan HBS sesuai jadwal, yakni awal Mei 2022 di Cape Canaveral, Florida," kata Menkominfo Johnny Plate.

Dalam pertemuan dengan Executive Vice President and General Manager, International Division HNS Ramesh Ramaswamy, di Los Angeles, Menkominfo hendak memastikan HNS menyiapkan perangkat ground station.

"HNS menyiapkan dan akan menginstalasi 20 ribu terminal bagi layanan publik untuk sekolah, puskesmas, kantor desa, pos perbatasan TNI dan pos polisi mulai 2022.  Pengerjaannya secara simultan agar sesuai dengan peluncuran dan operasi satelit," ujar Menteri Johnny.

President of Boeing Commercial Satellite International System Ryan Reid mengatakan perusahaannya menyediakan teknologi satelit termimutakhir yang fleksibel dalam penyediaan data berkecepatan tinggi. 

"Teknologi ini memungkinkan satelit Boeing mencakup geografi dan populasi Indonesia," katanya.

Diakui pandemi Covid-19 dan situasi geopolitik memengaruhi proses produksi dan peluncuran HBS dengam roket Falcon 9. 

Untuk mengangkut satelit dan roket ke dari California ke Florida, misalnya tidak bisa menggunakan pesawat Antonov akibat perang Rusia-Ukraina. 

Namun  Menkominfo optimistis kendala-kendala tersebut bisa diatasi sehingga infrastruktur informasi dan komunikasi bisa melayani masyarakat dan mengurangi kesenjangan digital.

"Satelit akan dibawa melalui jalan darat yang membutuhkan waktu 9 sampai 10 hari. Roket peluncur tidak masalah karena tersedia di Florida. HNS juga sudah memitigasi dengan mengamankan 20 ribu ground segment sebagai terminal layanan sinyal wifi-satelit," ucap Menkominfo. (omy)