Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Ditetapkan Jadi Pintu Masuk Internasional

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 02/Agu/2022 22:32 WIB
Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.(Ist) Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang Aceh Besar ditetapkan sebagai salah satu  pintu masuk perjalanan penumpang internasional bagi warga negara Indonesia.

Hal ini tertera pada poin kelima huruf (a) Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 39 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dan Mengoptimalkan  Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Tingkat Desa Dan Kelurahan untuk  Pengendalian Penyebaran  Corona Virus Disease 2019 DI Wikayah  Sumatera,  Nusa Tenggara, Kalimantan,  Sulawesi, Maluku, dan Papua. Inmendagri ini dikeluarkan 1 Agustus 2022.

Baca Juga:
Bandara Sultan Iskandar Muda Sudah Bisa Layani Penerbangan Internasional

Dengan demikian maka pintu masuk perjalanan luar negeri selengkapnya melalui: Bandar Udara Soekarno Hatta di Tangerang Provinsi Banten, Bandar  Udara Juanda di Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, Bandar Udara Ngurah Rai di Denpasar Provinsi Bali, Bandar Udara Hang Nadim di Batam Provinsi Kepulauan Riau, Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau, Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado Provinsi Sulawesi Utara, Bandar Udara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bandar Udara Kualanamu di Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu, Bandar Udara Sultan Hasanuddin di Provinsi Sulawesi Selatan, Bandar Udara Internasional Yogyakarta di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bandar Udara Sultan Iskandar Muda di Provinsi Aceh, Bandar Udara Minangkabau di Provinsi Sumatera Barat, Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II di Provinsi Sumatera Selatan, Bandar Udara Adi Sumarno di Provinsi Jawa Tengah, Bandar Udara Syamsudin Noor di Provinsi Kalimantan Selatan, Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Provinsi Kalimantan Timur, dan Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II di Provinsi Riau.

Baca Juga:
Bermasalah, Penerbangan Batik Air Jakarta-Banda Aceh Tertunda 3 Jam Akhirnya Ganti Pesawat

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menjelaskan, adanya beberapa perubahan dalam Inmendagri kali ini, yaitu penambahan pintu masuk bagi pelaku perjalan luar negeri (PPLN) juga dilakukan terhadap 6 (enam) bandar udara yaitu Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Bandar Udara Minangkabau, Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandar Udara Adi Sumarno, Bandar Udara Syamsudin Noor, dan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.(fh/sumber:serambinews)

Baca Juga:
Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Garuda Rute Jakarta-Banda Aceh Putar Balik ke Kualanamu