Mampu Berkecepatan 12,6 Knot, Kapal KN. P.338 Kembali Beroperasi Usai Docking Besar

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 13/Agu/2022 11:51 WIB
foto:istimewa/ksopambon foto:istimewa/ksopambon

AMBON (BeritaTrans.com) - Proses pemeliharan besar Docking KN. P.338 yang sudah selesai  dan berakhir dengan dilaksanakannya Sea Trial pada 11 Agustus 2022.

Baca Juga:
Gubernur Maluku sebagai Inspektur Upacara, KSOP Ambon Gelar Peringatan Harhubnas di Pelabuhan Yos Sudarso

Usai perawatan docking besar, Kapal Patroli KN. P.338 kembali beroperasi dan berfungsi untuk pengawasan dan keamanan pelayaran.

Seperti dalam sambutan Drs. Herwanto. MM sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas 1 Ambon,” Setelah perawatan docking besar diharapkan Kapal KN. P.338 kembali melaksanakan tugas dan fungsinya, beroperasi dalam tugas pengawasan, keamanan dan keselamatan pelayaran,” ungkapnya.

Baca Juga:
Bersih-Bersih Pantai dan Laut, KSOP Ambon Turut Andil di Acara HUT ke-77 TNI AL

“Kepada seluruh kru Kapal KN. P.338 agar merawat dan menjaga kapal ini sebagai aset negara dengan baik,” pesan Kepala KSOP Kelas 1 Ambon.

Baca Juga:
KSOP Ambon Turut Hadir di HUT Ke-77 Pemerintah Provinsi Maluku

Kepala KSOP Kelas 1 Ambon bersama pejabat struktural lainnya seperti: Kabid, KBPP, Kabis Lala, Kabis SHSK, Kasie P3, Kasie Lala, Kasie Status Hukum Kapal, Kasubag Kepegawaian dan Kasubag Umum & Humas, turun langsung melihat kapal patroli tersebut yang usai melaksanakan perawatan docking besar, serta berdoa dan makan bersama di atas kapal tersebut sebagai ungkapan ungkapan rasa syukur atas selesinya perawatan docking KN. P. 338.

Capt. M. Alamin Husin, M.Mar. sebagai Kepala Seksi Penjagaan, Patroli dan Penyidikan mengatakan,” Kapal KN. P.338 ini sempat lama tidak beroperasi karena dalam kondisi teknis, dan juga selama 2 tahun terakhir ini Covid melanda sehingga belum dapat terlaksana atau tertunda pemeliharaan besar docking kapal tersebut,”. Pada DIPA tahun 2022 ini dapat terealisasi pemeliharaan docking besar dengan hasil yang sangat memuaskan

“Saat melakukan percobaan atau sea trial dengan RPM rata-rata 1.500. dan kecepatan 12,6 Knot, padahal sebelum melakukan docking besar, kecepatan hanya mampu 4,5 Knot, hasil dari docking besar sangat luar biasa,”ungkap Kasie P3.

“Dengan demikian KN. P.338 yang dioperasikan oleh KSOP Kelas 1 Ambon dapat menjalankan tugas dan funsinya untuk dapat menjaga Perairan Teluk Ambon dan sekitarnya (DLKr/DLKp) dalam Pengawasan Keamanan dan Keselamatan Pelayaran,” ujar Capt M.Alamin. (ahmad)