Menhub Dorong Perguruan Tinggi dan Swasta Gali Peluang Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 13/Agu/2022 14:34 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Menhub Budi Karya Sumadi


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong perguruan tinggi dan pihak swasta untuk terus menggali peluang dan tantangan menghadirkan kendaraan otonom di Indonesia.

Menhub menyampaikan di sela Webinar “Melirik Prospek Kendaraan Otonom di Indonesia: Peluang Serta Tantangannya”, yang digelar President University Cikarang, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga:
Animo Masyarakat Tinggi, Ditjen Hubdat Siapkan 722 Bus dan 30 Truk untuk Mudik Gratis Lebaran 2024

Menhub menjelaskan, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi untuk memasifkan penggunaan kendaraan otonom di Indonesia, di antaranya yaitu: kesiapan jalan, jaringan internet, kondisi lingkungan, regulasi terkait dengan hal teknis laik jalannya, serta pelaksanaan pengujian kendaraannya. 

“Saat ini kami tengah menyusun dan terus mematangkan regulasinya,” ujar Menhub.

Baca Juga:
Menhub Pastikan Angkutan Lebaran Berjalan Aman dan Lancar

Dia bilang, kendaraan otonom atau kendaraan tanpa awak pengemudi (driverless) merupakan sistem transportasi cerdas (intelligent transport system/ITS) yang akan menjadi transportasi masa depan. 

Sejumlah keunggulan dari kendaraan ini dikutip dari McKinsey Global Institute dan TU Delf Research in Electric and Automated Transport 2019, yaitu: memiliki kepastian dan ketepatan waktu, mengurangi emisi karbon, kemacetan, konsumsi bahan bakar hingga 15%, dan juga mengurangi tingkat kecelakaan karena human error mencapai 40%. 

Baca Juga:
Hasil Survei Baketrans: Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Bakal Tembus 193,6 juta

“Butuh kolaborasi dari semua stakeholder terkait, baik akademisi dan pihak swasta, untuk menciptakan iklim yang kondusif agar kendaraan otonom ini dapat diwujudkan,” tutur Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Jababeka, Tbk Sutedja Sidarta Darmono menyatakan dukungannya untuk mewujudkan kehadiran kendaraan otonom di Indonesia. 

Menurutnya, diperlukan pengembangan infrastruktur yang mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan otonom, salah satunya yaitu penguatan jaringan internet. 

“Dengan adanya koneksi internet 5G, kita bisa mendapatkan peluang untuk memasuki era kendaraan otonom,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan inisiatif baru dengan membuat Jababeka Silicon Valley atau Correctio, berkolaborasi dengan sejumlah pihak yakni: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indogen Capital, dan PT Bisa Artifisial Indonesia (BISA.AI).

Kawasan ini dibangun dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan industri 4.0 melalui pengenalan teknologi baru, termasuk utilisasi internet of things (IoT), augmented reality, kendaraan otonom, dan sebagainya. 

Keberadaannya diharapkan dapat menciptakan lingkungan dan ekosistem yang mendukung pemanfaatan teknologi yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Sebelumnya, pada Mei 2022, salah satu perusahaan swasta yaitu Sinar Mas Land, telah meluncurkan kendaraan listrik otonom bernama Navya Arma, yang dioperasikan di dua titik lokasi yakni Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga tengah menyiapkan pembangunan Ibu Kota Baru Negara di Kalimantan Timur berkonsep “green and smart city”, mengedepankan penggunaan energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan, termasuk penggunaan kendaraan listrik dan otonom.

Turut hadir sejumlah narasumber dalam webinar yang disiarkan melalui youtube https://m.youtube.com/watch?v=mUgrQgw7ZDk, Staf Utama Menhub Bidang Transportasi Darat dan Konektivitas Budi Setiyadi, Pakar Perilaku Konsumen dan Rektor President University Chairy, Managing Director Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono, serta Pakar Pemasaran Kontemporer dan Peneliti Kendaraan Otonom President University Jhanghiz Syahrivar. (omy)