Top, Kebut Digitalisasi, ASDP Akan Terapkan Tiket Online di Lintasan Ajibata - Ambarita

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 13/Agu/2022 19:01 WIB
Penyeberangan di Danau Toba Penyeberangan di Danau Toba

AJIBATA (BeritaTrans.com) - Top, bertepatan dengan momen Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan pada 17 Agustus, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menerapkan layanan pemesanan tiket online bagi pengguna jasa ferry di Kawasan Danau Toba khususnya di Lintasan Ajibata - Ambarita.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP terus mengakselerasi program digitalisasi layanan tiket ferry berbasis online, di mana mulai 17 Agustus 2022 pengguna jasa ferry di Kawasan Danau Toba khususnya lintasan Ajibata - Ambarita dapat melakukan pemesanan tiket online melalui alamat website toba.ferizy.com

Baca Juga:
Yes, ASDP Siap Sukseskan Ajang Boat Race Dunia F1H2O di Danau Toba

"Ini salah satu wujud komitmen kami untuk mendukung pengembangan pariwisata Kawasan Danau Toba yang masuk dalam proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan destinasi pariwisata super prioritas," urainya, Sabtu (13/8/2022).

Selain itu, ASDP terus menghadirkan layanan penyeberangan yang semakin mudah, aman, dan nyaman bagi pengguna jasa, khususnya pada masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:
ASDP Siap Hadirkan Layanan Prima Bagi Wisatawan ke Bali

Diungkapkannya, dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak-Bakauheni-Tol Lampung pada Januari 2021, Menteri Luhut menyampaikan bahwa mendukung penuh layanan tiket berbasis online Ferizy sebagai salah satu implementasi digitalisasi. 

"Ini sangat bagus, administrasi menjadi lebih tertib, mendukung efektif dan efisien dalam pendapatan, serta keselamatan dan keamanan penumpang melalui pencatatan manifest yang lebih rapih," tutur Menteri Luhut. 

Baca Juga:
Ini Tarif Baru di Lintas Komersial Penyeberangan ASDP

Dalam penerapan digitalisasi ini, metode penjualan tiket yang sebelumnya hanya bisa didapatkan di pelabuhan sekarang dapat dipesan melalui online. 

Pembayaran tiket ferry online dapat dibayar melalui berbagai pilihan metode pembayaran seperti :

1. Virtual Account Bank:
BRI, Mandiri, BTN, BNI, BCA, Danamon, Permata, CIMB Niaga, BSI, Maspion, Maybank, dan BTPN;

2. Dompet Digital: LinkAja, ShopeePay, OVO, dan DANA.

Demi kenyamanan dan keamanan perjalanan, pengguna jasa harap memperhatikan hal-hal berikut saat proses pemesanan tiket online:

1. Memilih pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan dengan benar. Tiket hanya berlaku di pelabuhan yang sesuai dengan pelabuhan asal yang dipilih;

2. Memilih jadwal masuk pelabuhan (check in) sesuai dengan rencana tiba di pelabuhan;

3. Memilih jumlah penumpang (dewasa, anak, bayi) sesuai dengan jumlah penumpang dalam kendaraan yang akan menyeberang;

4. Mengisi data penumpang dan kendaraan sesuai dengan data diri penumpang dan nomor polisi kendaraan yang akan menyeberang (bila membawa kendaraan). 

Penumpang yang berhak atas santunan asuransi adalah penumpang sah yang terdata sesuai dengan tanda identitas yang sah.

Selanjutnya, pengguna jasa dapat melakukan check in di pelabuhan sesuai dengan waktu check in yang tertera pada E-Tiket. 

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa ferry, khususnya yang menyeberang di lintasan Ajibata-Ambarita, agar melakukan pembelian tiket secara online. Kini naik ferry semakin mudah, aman dan nyaman," ujar Shelvy.

Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk menuju destinasi pariwisata favorit Danau Toba yang juga merupakan salah satu dari program pariwisata super prioritas yang digagas Presiden Jokowi. 

"Harapannya, dengan hadirnya layanan ASDP di sini dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara," pungkas Shelvy. (omy)