Isuzu Elf EV Hadirkan Truk Elektrik di GIIAS 2022, Kendaraan Niaga Hemat BBM dan Bertenaga

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 16/Agu/2022 23:18 WIB
Isuzu EV yang dipamerkan di GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang. Isuzu EV yang dipamerkan di GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang.

TANGERANG (BeritaTrans.com) - Bukan hanya merek-merek kendaraan pribadi yang mendukung produksi kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik, melainkan juga kendaraan niaga berukuran besar.

Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Pemegang Merek APM dari merek Isuzu mengahadirkan truk bertenaga listriknya yaitu, Isuzu Elf Electric Vehicle (EV), untuk kali perama di Indonesia.

Baca Juga:
STNK Mati 2 Tahun Masih Dikasih Kesempatan 6 Bulan Sebelum Data Dihapus

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id pada Selasa (16/8/2022) mobil tersebut tampak seperti Suzuki Elf biasa dengan model box berpendingin atau truk freezer sebagai gandengan belakang.

Baca Juga:
Hankook Tire Siapkan Strategi dan Solusi Baru di Tahun 2023

Tampilannya sekilas tidak tampak dinamis, hanya terlihat lambang Suzuki Electric Vehicle di bagian sebelah kiri dan box juga bertuliskan EV.

Baca Juga:
Perluas Jaringan Pemasaran, Piaggio Buka Dealer di Mojokerto

Truk listrik ini lebih didominasi dengan sematan krom yang lebih modern. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan para saudaranya yang bermesin konvensional dengan bodi head yang agak mengotak dengan lampu depan halogen. 

Produk inovatif tersebut masih dalam bentuk display pameran, yang didatangkan langsung (CBU) dari Jepang.

Melihat di interior, Isuzu Elf EV ini tetap mempertahankan desain kabin yang ergonomis dengan memiliki tiga kursi serta dasbor yang mirip dengan para model konvesionalnya. Namun hal menarik datang pada kluster instrumen berlogo 'EV' yang mempertegas sebagai kendaraan elektrifikasi.

Truk tugas ringan (Light Duty) elektrik ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 6.690 mm, lebar 2.154 mm dan tinggi 3.000 mm serta memiliki total kapasitas muatan hingga 3.000 kg atau sebesar 3 ton.

Sebagai sumber tenaga, Isuzu Elf EV ini dibekali dengan baterai listrik jenis lithium-ion berkapasitas 2x40 kWh yang diletakkan pada kedua sisi samping mobil ini. Sedangkan sebagai penggeraknya, truk ini membawa motor listrik yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 148 dk dengan torsi mencapai 305 Nm.

Mobil ini mampu diisi ulang selama 10 jam dengan menggunakan pengisian daya standar menggunakan AC Charging. Sementara jika menggunakan mode rapid charging hanya memerlukan waktu 30 menit. Dalam satu kali pengisian daya penuh, truk listik berkonfigurasi 4x2 ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 100 km dengan berjalan dengan kecepatan maksimum yang mencapai 77,5 kpj.(fahmi/bondan)