KKP Rayakan Kemerdekaan dengan Ekspor 2.533 Kg Tuna Papua ke Jepang

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 18/Agu/2022 16:07 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BIAK (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merayakan momen kemerdekaan dengan melepas 2.533 kg ikan tuna Papua ke pasar Jepang. Ekspor ini tidak lepas dari kerja sama KKP dan Pemkab Biak Numfor melalui proses quality assurance kepada PT Indo Numfor.

"Alhamdulillah, kita sama-sama telah menyaksikan ekspor ikan tuna dari Biak ke Jepang," kata Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jayapura, Suardi di kantornya, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga:
Kementerian-KP Kawal Ekspor 11,6 Ton Pakan Ikan Hias Berbahan Cacing ke Jepang

Suardi mengungkapkan, kegiatan ini terasa spesial lantaran terjadi menjelang peringatan 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Dikatakannya, ekspor ini sekaligus menandai potensi perikanan Bumi Cenderawasih yang begitu luar biasa.

"Tentu ini sangat spesial, karena ekspor dilakukan 11 Agustus menjelang kita peringati momen kemerdekaan," ucapnya.

Baca Juga:
Menteri Trenggono Jajaki Kerja Sama dengan Kota Maritim Tiongkok untuk Tingkatkan Ekspor Perikanan

Karenanya, Suardi berharap pengiriman ke negeri Sakura ini menjadi momentum sekaligus stimulus bagi pelaku usaha lain untuk turut melakukan ekspor. Dia memastikan, jajaran BKIPM Jayapura selalu siap mendampingi serta melakukan asistensi dari sisi quality assurance agar pelaku usaha di Papua, khususnya di wilayah kerja BKIPM Jayapura bisa menembus pasar internasional.

Layanan BKIPM di antaranya ialah penerbitan sertifika hazard analysis and critical control point (HACCP) hingga cara karantina ikan yang baik (CKIB). Sertifikat tersebut menjadi jaminan kualitas dan mutu produk perikanan di pasar internasional.

Baca Juga:
Kementerian KP Jamin Ikan yang Diekspor ke UE Diproduksi Secara Keberlanjutan

"Semoga ekspor ini menjadi awal sekaligus inspirasi bagi pelaku usaha lain, dan kami tentu selalu siap untuk mendampingi," tegasnya.

Sebagai informasi, ekspor tuna ini langsung menjangkau Narita, Jepang. Turut hadir dalam pelepasan ekspor yakni Staf Ahli Menteri Bappenas, Asdep Kemenko Marves, Staf Ahli Gubernur Papua, Bupati Biak Numfor, Ketua DPRD Biak Numfor, Forkopimda, Pimpinan OPD terkait, Pimpinan Perbankan Biak, Bea & Cukai  Biak Numfor, KSOP Biak, GM AP I Biak, GM PT.Pelindo, hingga GM Angkasapura Logistik Biak.

"Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang bersinergi hingga terwujudnya ekspor ini," tutupnya.(fhm)