JAS Bersyukur Kembali Dipercaya Sebagai CTO di Bandara Ngurah Rai dan Juanda

  • Oleh : Naomy

Selasa, 30/Agu/2022 15:51 WIB
Tim PT JAS Airport Services Tim PT JAS Airport Services

CENGKARENG (BeritaTrans.com) - PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) bersyukur kembali dipercaya sebagai Cargo Terminal Operator (CTO) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar dan Juanda Surabaya.

Semua diperoleh setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam seleksi mitra yang diselenggarakan Angkasa Pura I untuk meningkatkan Level of Services pada layanan dan operasional Terminal Kargo dan Pos berstandar global.

Baca Juga:
13 Bandara InJourney Airports Dukung Kelancaran Angkutan Haji 2024

“Dengan kembali terpilihnya JAS Airport Services sebagai CTO di station Denpasar dan Surabaya merupakan bukti 
bahwa Angkasa Pura I masih mempercayakan kami untuk terus mendukung optimalisasi penanganan kargo di kedua bandara tersebut sesuai dengan standar Internasional,” tutur Presiden Direktur dan CEO JAS Airport 
Services Adji Gunawan di Cengkareng dalam keterangan tertulis Selasa (30/8/2022).

Sesuai rencana, JAS Airport Services akan mengelola Terminal Kargo dan Pos Internasional di Bandara Juanda 
Surabaya mulai 1 Desember 2022 dan untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar mulai 1 Januari 2023.

Baca Juga:
Libur Long Weekend 9-12 Mei, Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura II Diprediksi Tembus 1 Juta

“Semoga ke depannya, JAS Airport Services dapat terus menjaga kepercayaan AP I dalam mendukung optimalisasi bisnis kargo di kedua Bandara Internasional tersebut,” tambahnya. 

Terpilihnya kembali JAS Airport Services sebagai CTO di kedua bandara tersebut secara resmi ditandai dengan penyerahan surat izin Prinsip Kerja Sama Usaha Jasa terkait Bandar Udara Bidang penanganan 
Kargo dan Pos Internasional di masing-masing Bandara.

Baca Juga:
Top, Bandara Radin Inten II Raih Sertifikat Penerapan Standar Minimum Pengamanan Pengelola Objek Vital & Transportasi

Yakni, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar dan Bandara 
Internasional Juanda, Surabaya oleh VP Cargo and Logistics Development Angkasa Pura I, Rene Van Joost kepada VP Business Development PT JAS Airport Services Yoyok Priyowiwoho dan VP Cargo Operation JAS Airport Services Heri Lukmanto di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto mengatakan, seleksi terbuka diharapkan dapat memberikan dampak transformasi teknologi, peningkatan fasilitas dan ekspertis guna peningkatan Level of Services dan Cargo Throughput serta operasional Terminal Kargo dan Pos yang berstandar Global.

"Tentu saja untuk terus mempertahankan kepercayaan AP I sebagai CTO, JAS Airport Services selalu menjaga standar
pelayanannya dengan beragam sertifikasi yang diakui dunia internasional, salah satunya adalah re-sertifikasi ISAGO 
dari IATA, (sertifikasi perusahaan ground handling sesuai standard internasional) di empat station," kata Adji.

Adapun empat station JAS antara lain di Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bandara Internasional Juanda (SUB), dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO) pada awal tahun 2022.

Dalam pelaksanaanya, JAS akan mengimplementasikan Cargo Terminal Digitalization melalui integrasi terhadap Cargo Integrated System PT Angkasa Pura I yang akan membantu menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, transparansi pembayaran cashless dan terintegrasi dengan seluruh stakeholder di dalam Air Cargo & Logistics Ecosystem seperti maskapai penerbangan, bea cukai dan karantina, Regulated Agent, Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU) atau Freight Forwarder, dan Cargo Terminal Operator. 

"Selain itu Cargo Integrated System ini juga akan terintegrasi dengan HS-Code INSW dan National Logistics Ecosystem (NLE)," tutup Adji. (omy)