Personel Special Response Team Bakamla RI Latihan Menyelam di Laut

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 01/Sep/2022 11:36 WIB
foto:istimewa/BakamlaRI foto:istimewa/BakamlaRI

KEP. SERIBU  (BeritaTrans.com) - Personel Special Response Team (SRT) Bakamla RI mengikuti pelatihan menyelam siang maupun malam. Latihan bertajuk tingkatkan profesionalisme SRT dilaksanakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kemarin.

Baca Juga:
Rangkaian HUT ke-34, `FIFGROUP Grebeg Pasar` Hadir di Bandung

Kegiatan latihan terjadwal selama 5 hari ini, di inisiasi Direktorat Latihan Bakamla RI. Menurut Direktur Latihan Laksma Bakamla Suwito, latihan menyelam merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki pada diri personel SRT Bakamla RI dalam menjalankan tugas operasi. Dan sekaligus salah satu kegiatan pembinaan personel SRT untuk meningkatkan profesionalisme agar pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki mendukung tugas dalam pengamanan dan keselamatan di laut.

“Diharapkan dengan adanya latihan ini personel SRT Bakamla RI dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di laut, sehingga mampu bertindak dan bertahan hidup apabila terjadi kecelakaan kapal yang membutuhkan SAR menyelam,”pungkasnya.

Baca Juga:
Antisipasi Potensi Bencana Wilayah Jakarta, Kepala BNPB dan PJ Gubernur DKI Koordinasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan

Kegiatan latihan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, tekanan darah yang kemudian dilanjutkan pula senam pemanasan dan peregangan otot.

Latihan ini dipimpin langsung oleh Instruktur dari Bakamla RI, Kapten Bakamla Bagus Triyono yang didampingi oleh Lettu Bakamla Daniel Sibarani serta hadir pula untuk melatih Instruktur dari Dispotmaral yaitu Serma Nav Nurkholis yang didampingi oleh Serda Zainal Arifin.

Baca Juga:
Bakamla RI Lakukan Telaah Sejawat bersama BNN

Materi pelatihan yang didapat oleh para personel  SRT diantaranya sea survival, renang/fin swimming, organisasi penyelaman, penyelaman malam, profil penyelaman, penyelaman II (pencarian bawah air), SAR Teori dan Teknik SAR.(ahmad)