Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi MenPAN-RB Hari Ini

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 07/Sep/2022 07:31 WIB
Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube Sekretariat Presiden) Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta (BeritaTrans.com)  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Abdullah Azwar Anas menjadi MenPAN-RB pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

Pelantikan bakal digelar siang hari ini.
Informasi mengenai pelantikan Azwar Anas menjadi MenPAN-RB baru ini dibenarkan oleh sumber detik.com di lingkungan pemerintahan, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga:
SDM Transportasi Harus Jemput Bola dalam Melayani

Azwar Anas diketahui saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022. Sebelum di LKPP, Azwar Anas adalah Bupati Banyuwangi selama dua periode (21 Oktober 2010-17 Februari 2021).

Sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP) menyampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu, Megawati disebut menyerahkan nama MenPAN-RB pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

"Ya nama-nama kan Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan dan dalam dialog itu kan juga dibahas hal-hal yang lain," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8).

Sementara itu, Istana menyatakan MenPAN-RB yang kini kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia merupakan alokasi untuk PDIP. Istana mengatakan Presiden Jokowi bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).
(ny/Sumber:detik.com)
 

Baca Juga:
Menpan RB Azwar Anas Janjikan Penataan Non-ASN Minim Ganjalan