Jalur Kereta Api Pertama di Sulawesi Tengah Diuji

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 09/Sep/2022 07:29 WIB
Kereta pertama di Sulawesi. Foto: Dok: Humas Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan/BPKASS Kereta pertama di Sulawesi. Foto: Dok: Humas Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan/BPKASS

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kereta api bakal meluncur di Sulawesi. Saat ini jalur kereta api pertama di Sulawesi tengah diuji sebelum digunakan.

Dilihat dari Instagram @balaipengujianka, Kamis (8/9/2022) jalur kereta api pertama di Sulawesi itu akan menghubungkan Kota Makassar dan Parepare. Nantinya, pengoperasian kereta api akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga:
Bupati Sumenep Usul Jalur Kereta Api Madura Dihidupkan Lagi, Ini Tujuannya!

"Dalam waktu dekat ini, lintas Stasiun Barru sampai Stasiun Garongkang akan segera dioperasikan," kata akun tersebut.

Supaya perjalanan penumpang aman, Tim Penguji Prasarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan pengujian pada jalur kereta api tersebut.

Baca Juga:
Lansia Ditemukan Meninggal di Jalur Rel Kereta Nambo-Citayam

Salah satu yang sudah diuji adalah Stasiun Garongkong. Pengujian yang telah dilaksanakan di antaranya uji geometri jalan rel, uji emplasemen stasiun dan lainnya.

Tim penguji memastikan Stasiun Garongkong ini laik operasi, aman, dan nyaman untuk digunakan karena nantinya stasiun ini akan melayani angkutan penumpang dan barang serta terintegrasi dengan Pelabuhan Barang Garongkong.

Baca Juga:
Sempat Berdampak Banjir, Pelayanan Stasiun Semarang Tawang dan Perjalanan KA Kembali Normal

Sebelumnya, Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Andi Amanna mengatakan pihaknya sedang menyelesaikan kereta yang menghubungkan Kabupaten Barru hingga Kabupaten Maros. Rencananya, kereta api beroperasi mulai Oktober. Jalur yang dilayani sepanjang 71 kilometer.

"Kita memang targetkan, kita upayakan paling lambat di akhir Oktober untuk layanan sepanjang 71 km, prioritasnya angkutan penumpang," katanya.

Sementara itu dalam unggahan akun Instagram @ditjenperkeretaapian, Kementerian Perhubungan menyatakan sedang menyiapkan layanan kereta perintis untuk melayani operasional jalur Barru-Marros.

Ada beberapa stasiun yang akan disinggahi layanan penumpang kereta api Makassar-Parepare Oktober mendatang. Ini rinciannya berdasarkan infografis yang diunggah Ditjen Perkeretaapian:

1. Stasiun Barru
2. Stasiun Tanete Rilau
3. Stasiun Labakkang
4. Stasiun Pangkajene
5. Stasiun Ramang Ramang
6. Stasiun Marros

Proyek kereta api Sulawesi jalur Makassar-Parepare ini menelan investasi Rp 8,25 triliun. Skema pendanaannya berasal dari APBN.(fhm)