Wow, Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Tahun Sampai Rp672 Juta?

  • Oleh : Redaksi

Senin, 12/Sep/2022 20:47 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tidak banyak yang tahu, ternyata tukang parkir pesawat atau marshaller memiliki gaji yang tinggi. Seringkali pertanyaan terkait bidang aviasi hanya terpusat pada pilot atau pramugari.

Padahal terdapat salah satu aspek penting dalam penerbangan pesawat yakni marshaller atau tukang parkir pesawat.

Baca Juga:
Ratusan Pesawat Parkir di Lereng Gunung Es

Perannya yang vital membuat transit pesawat dalam tiap-tiap bandara menjadi lancar, sehingga penerbangan bisa tepat waktu.

Tak hanya itu seorang tukang parkir pesawat adalah seseorang yang bersertifikat dan memiliki tingkat keakurasian tinggi ketika memandu pilot memarkirkan pesawatnya.

Lantas berapa gaji tukang parkir pesawat?

Menyutat data situs pencari kerja ZipRecruiter, gaji rata-rata untuk tukang parkir pesawat di Amerika Serikat adalah Rp 676 juta per tahunnya.

Artinya tukang parkir pesawat mendapatkan bayaran Rp326 ribu per jam atau Rp13 juta per minggu atau Rp57 juta per bulan.

Meski demikian angka tersebut adalah rata-rata untuk seluruh Amerika Serikat dan bisa dijadikan patokan karena gaji marshaller bervariasi di tiap negara dan bandara.

Jika menilik gaji tukang parkir di Bandara San Fransisco misalnya adalah 25 dolar AS per jam atau Rp371 ribu. Sementara untuk Bandara Freemont yakni 24 dolar AS per jam atau Rp356 ribu.

Sementara dikutip dari Kompas.com, gaji marshaller di Indonesia adalah Rp4 juta hingga Rp7 juta per bulan. Sehingga jika dikalkulasi maka per tahunnya tukang parkir pesawat di Indonesia mendapatkan Rp84 juta per tahun.

Namun, angka itu belum termasuk dengan tunjangan yang akan diterima.(fh/sumber:kompastv)