Menhub Mengapresiasi Pemenang Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2022

  • Oleh : Naomy

Kamis, 15/Sep/2022 11:09 WIB
Menhub dan 3 pemenang Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Jalan Menhub dan 3 pemenang Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Jalan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kesuksesan kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2022 sekaligus menyampaikan selamat kepada para pemenangnya.

"Membiasakan keselamatan lalu lintas jalan harus dilakukan sejak dini dan ini merupakan upaya mencegah terjadinya kecelakaan," tuturnya di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga:
Dirjen Hubdat Sebut Kolaborasi jadi Kunci Penanganan Kendaraan ODOL Lebih Optimal

Dia menjabarkan data informasi bahwa setiap tahunnya terdapat 1,3 juta orang yang meninggal dalam satu tahun, atau 3.000 orang per harinya.

Ini sangat memprihatinkan dan disayangkan. Mereka yang rata-rata berada pada usia produktif, meninggal karena kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga:
Persiapan Lebaran 2023, Jasa Raharja, Kemenhub dan Korlantas Polri Survei Jalur Pantai Selatan

"Kita harus terus berupaya untuk menjadikan zero accident atau minimal makin berkurang jumlahnya. Edukasi terkait hal itu harus dilakukan sejak dini," ungkap Menhub.

Dia juga bangga dekat para pelajar pelopor keselamatan lalu lintas terpilih sekaligus berpesan, agar tidak berhenti sampai di sini.

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Pengembangan Potensi Wisata di Jalur Pansela

Menhub minta mereka terus menebar kebaikan dengan menyampaikan edukasi keselamatan berlalu lintas sehingga diharapkan ke depannya semakin berkurang kecelakaan.

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa PBB juga menetapkan aksi zero accident yang dimulai 2022-2030 dengan target menurunnya jumlah kecelakaan hingga 50%.

"Jadi, selamat buat adik-adik pemenang. Selain hadiah yang sudah diumumkan, setiba di rumah adik-adik akan mendapatkan sepeda," ujar Menhub sumringah.

Dia pun memberikan motivasi agar terus menjadi pelopor keselamatan dan ikut lagi pemilihan di tahun berikutnya, karena hadiahnya akan lebih besar.

Hadir dalam kesempatan itu Dirjen Perhubungan Darat HH Hendro Sugiatno, Kepala Badan Kebijakan Transportasi Umar Aris, Irjen Kemenhub I Gede Pasek Suardika dan  jajaran Kemenhub.

Hadir juga stakeholder tekait seperti Jasa Raharja, Hino Indonesia, Astra Indonesia, dan lainnya. (omy)