Tol Becakayu Segera Beroperasi Penuh, Kampung Melayu-Bekasi 30 Menit

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 17/Sep/2022 23:14 WIB
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan koneksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono, siap dioperasikan. Sebelumnya, di titik tersebut telah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO).

Mengutip keterangan tertulis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tol Becakayi dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu sepanjang 16,02 Km.

Baca Juga:
Tarif Jalan Tol Becakayu 2023, Pengendara Harus Tau Ini!

Jalan Tol Becakayu terdiri dari seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 Km yang saat ini sudah beroperasi. Selanjutnya untuk Seksi 2a Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 Km dan Seksi 2a Ujung Kayuringin - Margajaya, yang progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 100% dan ditargetkan menjelang akhir 2022 mendatang siap beroperasi.

"Sebelum adanya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, namun setelah adanya kehadiran Jalan Tol Becakayu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dan ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 30 menit saja," tulis keterangan BPJT, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga:
Gegara Ada Kecelakaan, Arus Kendaraan Sempat Tersendat di Tol Bekasi Timur KM 15

Jalan Tol Becakayu juga juga mejadi salah satu solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek karena sering terjadi penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Selain itu Jalan Tol ini akan mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek bagi kendaraan yang akan mengarah ke sekitar Bekasi maupun Jakarta.

Baca Juga:
Ada kecelakaan, Kendaraan Sempat Tersendat di Tol Bekasi Barat

"Sehingga Jalan Tol ini nantinya juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Bekasi, Karawang, Cibitung, dan sekitarnya," tulis BPJT.(fh/sumber:detik)