Pesan Anies ke Gubernur Penerus: Sambungkan JIS dengan LRT hingga KRL

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 21/Sep/2022 14:45 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menitip pesan ke penerusnya untuk menyambungkan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara dengan moda transportasi umum yakni LRT Jakarta dan KRL Commuter Line.

Hal itu dituangkan Anies dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2023-2026, yang ditandatangani pada 10 Juni 2022.

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

Anies pun meminta penerusnya untuk terus melanjutkan pembangunan LRT Fase 2A sepanjang 8 kilometer yang akan tersambung dari Kelapa Gading ke JIS di Jakarta Utara.

"Akses dari dan menuju kawasan juga akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti BRT BRT dan LRT yang terhubung dengan akses pejalan kaki yang memadai. Selain itu juga didorong melalui pengembangan aksesibilitas stasiun KRL JIS yang merupakan kewenangan Pemerintah Pusat," tulis Anies dalam Pergub tersebut dikutip MNC Portal Indonesia, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Hari Jumat 26 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku di Jam Berikut!

Anies yang akan lengser 16 Oktober mendatang menegaskan bahwa ketersediaan transportasi umum dari dan menuju JIS sangat penting untuk mengoptimalkan stadion berstandar FIFA itu. Ia menambahkan seni budaya, ekonomi, hingga keagamaan berskala lokal, nasional, dan internasional dapat tersaji di JIS.

"Harapannya, stadion tidak hanya mampu berkelanjutan secara finansial tetapi juga mampu berkelanjutan memutar perekonomian kawasan, kota, dan bahkan nasional," tuturnya.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Hari Ini Kamis 25 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku di Jam Berikut!

Sebagai informasi, JIS di Utara Jakarta itu di desain minim kantong parkir dan mendorong penonton agar menggunakan transportasi umum. Stadion berstandar FIFA dengan kapasitas 80.000 penonton itu hanya dapat menampung 800 unit kendaraan roda empat.

Hal itu sempat diperdebatkan organisasi induk sepakbola yakni PSSI yang batal menggunakan JIS sebagai venue pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Curacao. (Fh/sumber:MNCPortal)