23 Lulusan API Banyuwangi Diwisuda

  • Oleh : Naomy

Minggu, 25/Sep/2022 14:31 WIB
Wisudawan API Banyuwangi Wisudawan API Banyuwangi


BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU), Dr. Ir. Heri Sudarmadji, mewisuda 23 orang lulusan dari Program Studi Diploma III Penerbang Sayap Tetap Angkatan I, Program Non Diploma Penerbang Angkatan XXII dan Program Commercial Pilot License – Instrument Rating (CPL – IR) Non Skill Angkatan I dan II Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi, Sabtu (24/9/2022).

Dalam sambutannya, Heri menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya pada salah satu perguruan tinggi penerbangan di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang memiliki lines dan rating standar kemampuan di bidang penerbangan yang diakui dunia internasional dalam ICAO, IATA, dan lainnya.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP di Poltrada Bali: Taruna Harus Miliki Kecerdasan Komprehensif

“Penyediaan SDM yang kompeten di bidang transportasi merupakan suatu hal yang tidak dapat ditawar lagi, terlebih dengan seiring tuntutan perkembangan kebutuhan masyarakat khususnya di sektor transportasi udara," ungkapnya.

Dia memaparkan, transportasi udara merupakan sektor jasa yang dalam pengoperasiannya dapat diukur dan diperhitungkan kualitas, biaya, ketepatan waktu, serta sangat sensitif terhadap penilaian dan kritik dari para pengguna jasa. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Lantik Perwira Transportasi Penerbang API Banyuwangi

Oleh karena itu, penyedia SDM transportasi harus menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, inovatif, berdaya saing tinggi serta memiliki teknologi terkini agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten, profesional, etika, standar global, dan berintegritas.

“Dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan transportasi Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, memiliki tujuan untuk menyediakan SDM transportasi yang memiliki knowledge, skill, dan attitude guna mewujudkan pelayanan transportasi yang selamat dan aman dengan berpedoman pada peraturan nasional dan internasional," urainya.

Baca Juga:
BPSDMP Ajak Taruna Sadar Keamanan Transportasi

Dia berpesan agar keberhasilan yang telah diarih oleh para wisudawan dapat menjadi pendorong semangat dalam mengembang tugas dengan memberikan pelayanan terbaik di bidang transportasi udara kepada masyarakat, serta selalu menjunjung tinggi almamater dan memupuk jiwa korsa sesama insan perhubungan.

“Saya berpesan kepada seluruh wisudawan agar menjadi pribadi yang pemberani, pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan, serta tidak cepat berpuas diri atas pencapaian yang sdah diraih, terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki menuju ke jenjang yang lebih tinggi," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur API Banyuwangi, Capt. Daniel D. Rumani menyampaikan, wisuda kali ini diikuti 23 wisudawan.

Terdiri dari 10 wisudawan Program Studi Diploma III Penerbang Sayap Tetap Angkatan I, sembilan wisudawan Diklat Non Diploma Penerbang Angkatan XXII, satu wisudawan Diklat Commercial Pilot License – Instrument Rating (CPL – IR) Non Skill Angkatan I, dan tiga wisudawan Diklat Commercial Pilot License – Instrument Rating (CPL – IR) Non Skill Angkatan II. (omy)