Sekretatis BPSDMP Ajak Lulusan API Bayuwangi Wujudkan Green Aviation

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 04/Agu/2023 18:16 WIB
Lulusan API Banyuwangi Lulusan API Banyuwangi

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menggelar wisuda bagi 46 perwira transportasi udara Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi. 

Baca Juga:
PIP Makassar Gelar 2nd ICMaD, Dukung Pengembangan Pelabuhan Cerdas dan Ramah Lingkungan

Prosesi wisuda dipimpin Sekretaris BPSDMP Capt. Wisnu Handoko di kampus API Banyuwangi, Jumat (4/8/2023).   

Dia mengungkapkan, transportasi adalah salah satu parameter keberhasilan suatu bangsa dan menjadi tulang punggung ekonomi nasional. 

Baca Juga:
Wisuda 142 Perwira Poltekbang Makassar, Sekretaris BPSDMP: Jadilah SDM Transportasi Unggul, Inovatif dan Adaptif

"Kita telah membuktikan menjadi pemimpin di ajang G20, dan saat ini kita juga mampu menunjukkan sebagai bangsa yang mampu membangun industri," tuturnya.

Presiden Joko Widodo dalam ajang G20 telah menyatakan bahwa Indonesia akan berkomitmen menggunakan energi transisi untuk mencapai ekonomi hijau dan mencapai pembangunan berkelanjutan. 

Baca Juga:
Seleksi Kompetensi Dasar Sipencatar Kemenhub Dimulai, Ada 1.408 Kuota Polbit

Hal tersebut diperlukan untuk mencapai visi Indonesia di tahun 2045, yaitu Indonesia menjadi negara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan, yang artinya lestari dan seimbang, antara pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Dia menambahkan,  sebanyak 11% jejak karbon di dunia disumbangkan oleh industri penerbangan. 

Untuk itu, pemerintah, industri penerbangan, hingga masyarakat umum berkomitmen mewujudkan green aviation, yaitu penerbangan yang ramah lingkungan. 

“Oleh karenanya saya berharap para perwira transportasi dapat berkolaborasi dan bekerjasama secara harmonis untuk mewujudkan sistem transportasi yang ramah lingkungan, selamat, aman, dan nyaman," ujar Capt. Wisnu.

Dia juga berharap seluruh perwira transportasi yang diwisuda hari ini dapat menjadi agen transportasi yang mampu menjadi penghubung kepulauan di Indonesia dari Sabang di ujung barat Indonesia sampai Merauke di ujung timur Indonesia, serta dari Miangas di ujung utara Indonesia sampai Pulau Rote di ujung selatan Indonesia.     

Pada rangkaian kegiatan wisuda yang bertema “Mengudara ke Masa Depan: Green Aviation Menuju Kehidupan Berkelanjutan” ini dia juga menyampaikan orasi ilmiah dengan memberikan motivasi agar bersiap menjadi Insan Transportasi yang andal, inovatif dan berkarakter, serta mengajak untuk berkomitmen bersama mengadopsi green aviation, yaitu penerbangan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Senada dengan hal tersebut Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU), Achmad Setiyo Prabowo berpesan kepada para lulusan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar selalu siap menghadapi tantangan dan perubahan.

Serta menjadi personel penerbangan yang dapat berinovasi meningkatkan efisiensi, mengurangi dampak lingkungan, dan meningkatkan kualitas penerbangan.

Direktur API Banyuwangi, Capt. Daniel D. Rumani melaporkan pada kegiatan wisuda ini API Banyuwangi meluluskan sebanyak 46 orang, yang terdiri dari 17 orang lulusan Program Studi D-III Penerbang Sayap Tetap Angkatan II, 24 orang lulusan Program Studi D-III Operasi Pesawat Udara Angkatan I, dan lima orang lulusan Program Pilot Executive. 

“Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan Kementerian Perhubungan API Banyuwangi senantiasa menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang mendukung Taruna-Taruni untuk mengembangkan keterampilan dan sikap sehingga para perwira transportasi udara dapat menjadi duta-duta transportasi yang memiliki profesional, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi," tuturnya. (omy)