Seleksi Kompetensi Dasar Sipencatar Kemenhub Dimulai, Ada 1.408 Kuota Polbit

  • Oleh : Naomy

Selasa, 13/Jun/2023 07:26 WIB
Sipencatar BPSDMP Sipencatar BPSDMP


YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan telah mengumumkan jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Taruna Jalur Pola Pembibitan Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan Tahun 2023 melalui website resmi www.sipencatar.dephub.go.id.

Dimulai Sabtu (3/6/2023, lebih dari 35 ribu peserta SKD akan mengikuti SKD pada 34 titik lokasi tes yang dilaksanakan mulai 7 Juni hingga 14 Juni 2023.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Rakor Pembahasan Program Kerja Sama Polbit Vokasi dengan Pemda

Pada Tahun 2023 Kementerian Perhubungan mendapatkan alokasi formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebanyak 1.408 Formasi, yang terdiri dari formasi Pola Pembibitan Kemenhub, Pola Pembibitan Pemda dan Pola Pembibitan Kemenhub Khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat/Papua Tengah/Papua Selatan/Papua Pegunungan. 

Saat memberikan pengarahan kepada peserta Tes SKD di Kantor Regional I BKN Yogyakarta, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Wisnu Handoko menyampaikan, SKD merupakan seleksi tahap kedua yang harus dilalui oleh para peserta Sipencatar setelah lolos seleksi administrasi.

Baca Juga:
PIP Makassar Gelar 2nd ICMaD, Dukung Pengembangan Pelabuhan Cerdas dan Ramah Lingkungan

"Selamat untuk para peserta yang hari ini mengikuti tes SKD, kalian merupakan peserta terpilih yang telah berhasil lolos dari seleksi administrasi, jadi kalian harus semangat dan mengerjakan semua soal SKD dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Pelaksanaan SKD Tahun 2023 ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan tes ini hasilnya akan langsung terlihat. 

Baca Juga:
Wisuda 142 Perwira Poltekbang Makassar, Sekretaris BPSDMP: Jadilah SDM Transportasi Unggul, Inovatif dan Adaptif

"Proses seleksi pada tahap SKD ini menggunakan metode CAT yang transparan, orang tua serta keluarga kalian di rumah bisa melihat hasil tes yang kalian melalui live scoring yang ditayangkan di YouTube," tambahnya.

Melalui Sipencatar, Kemenhub berusaha menjaring dan mencetak SDM transportasi terbaik untuk mewujudkan transportasi Indonesia yang maju dan bersaing.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir memberikan pengarahan Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Kementerian Perhubungan, Wismantono.

Senada dengan Capt. Wisnu, dia mengingatkan agar para peserta teliti dan sungguh-sungguh dalam mengerjakan tes. 

Dia berharap agar para peserta tes dapat lolos sampai dengan tahap akhir dan bergabung menjadi Taruna Transportasi Kemenhub. (omy)