Wisuda 383 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Arif Sebut Pentingnya Memiliki Karakter Kuat

  • Oleh : Naomy

Selasa, 27/Sep/2022 15:39 WIB
Lulusan STIP usai Wisuda Lulusan STIP usai Wisuda

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Lulusan Perwira Transportasi harus memiliki kompetensi yang dapat diandalkan baik pendidikan, pengalaman, ketrampilan dan attitude, serta karakter yang kuat.

Baca Juga:
Pusbang Laut, PIP Makassar dan STIP Jakarta Kolaborasi Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Bumi di Cianjur

Hal itu disampaikan Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP),  Dr. Capt. A Arif Priadi saat memimpin upacara wisuda di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang mengusung tema "Bangkit Maju Bersama Perwira Transportasi STIP", Selasa (27/9/2022).

Dengan memiliki kompetensi dan semangat tinggi untuk maju dengan menjunjung nilai-nilai luhur, kepeloporan dan darma bhakti, penuh integritas, serta berkomitmen niscaya para wisudawan akan sukses dimanapun berada baik sebagai birokrat, profesional maupun entrepreneur di bidang maritim.

Baca Juga:
Taruna Poltekpel Surabaya Sabet Juara 1 Olimpiade I2ASPO

"Jangan pernah takut gagal, kegagalan yang nyata jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses," tegasnya.

Dia minta para lulusan agar selalu menjunjung tinggi nama baik almamater dengan penuh integritas, berkomitmen serta dapat memberikan feedback positif bagi almamater guna perbaikan proses pembelajaran di masa yang akan datang. 

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Kolaborasi Wujudkan Satker Pendidikan Unggul dan Berdaya Saing

"Kunci sukses bukan semata karena saudara kuliah di tempat favorit, bukan pula karena saudara lulusan cumlaude atau terbaik, akan tetapi saudara memiliki life skil, kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat sebagai generasi millineal berkarakter," ungkapnya.

Capt. Arif juga menyoroti kondisi dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dan menekankan kepada STIP Jakarta, perlunya memberikan bekal penguatan karakter dan program unggulan bagi Taruna/i melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, ketrampilan dan praktik di dunia industri sehingga para wisudawan akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pasar. 

“Jadilah lulusan yang cekatan, cerdas, energik tunjukkan bahwa kalian lulusan yang punya nyali dalam menghadapi tuntutan pekerjaan, sikap tangguh dan tanggap dalam menjalankan profesi, lulusan yang selalu memberikan inspirasi dan inovasi dalam lingkungan masyarakat dan industri maritim serta lulusan yang lentur terhadap dinamika perubahan saat ini," katanya.

Melalui tema "Bangkit Maju Bersama Perwira Transportasi STIP" yang selaras dengan tema Hari Perhubungan Nasional Kementerian Perhubungan tahun 2022, kata maju bersama memiliki makna yang sangat dalam yaitu untuk selalu meningkatkan  kolaborasi dan komunikasi seluruh pihak dan stakeholder transportasi. 

Sektor transportasi memegang peranan penting dalam pergerakan ekonomi bangsa dan untuk dapat memberikan pelayanan yang prima, maka SDM transportasi yang dihasilkan haruslah unggul dan mempunyai kompetensi yang prima.

Capt. Arif mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan terima kasih kepada orang tua dan wali yang telah mempercayakan putra putrinya di didik di perguruan tinggi Kementerian Perhubungan. 

Lulusan STIP Jakarta yang diwisuda hari ini sebanyak 383 orang, terdiri dari 114 lulusan Program D.IV Program Studi Nautika, 91 orang  Program D.IV Program Studi Teknika, dan 178 orang Program Studi D.IV KALK. 

Terdapat tiga wisudawan yang mendapatkan prestasi lulusan terbaik atas nama Fitria Rasdiana Nindyaningrum dengan IPK 3,70 dari Program Studi Nautika, Fitra Athaoriq Cakra Jaya Kusuma, dengan IPK 3,75 dari Program Studi Teknika, dan M. Rizki Fadiansyah dengan IPK 3,87 dari RPL Program Studi Nautika. (omy)