BBM Pertamina Ada Banyak Warna Loh, Ternyata Ini Alasanya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 29/Sep/2022 21:46 WIB
SPBU Pertamina (Foto:Ilustrasi) SPBU Pertamina (Foto:Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bahan bakar minyak (BBM) seperti yang ditawarkan Pertamina memiliki perbedaan warna pada jenis bensin dan diesel. Menurut Pertamina tak ada tujuan signifikan perbedaan warna itu selain sebagai pembeda visual.

BBM Pertamina jenis bensin yang ditawarkan di SPBU ada empat, yaitu Pertamax Turbo warna merah, Pertamax biru, Pertalite hijau dan Premium kuning.

Baca Juga:
Resmi Naik! Berikut Daftar Terbaru Harga BBM Pertamina Per Wilayah di Indonesia

Sementara pada BBM jenis diesel, Pertamina Dex hijau tua, Dexlite hijau tua cenderung transparan, dan Biosolar B30 kuning kecokelatan.

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM. Zat pewarna ini tidak berpengaruh terhadap performa atau kualitas atau spesifikasi BBM," jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, dikutip BeritaTrans.com dari CNN Indonesia, Kamis.

Baca Juga:
Khusus yang Nama Agus Bisa Isi Bensin Gratis 2,5 Liter di SPBU Pertamina

Irto mengatakan pada dasarnya semua jenis BBM berwarna bening sebelum diberi warna.

Pakar mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Iman Kartolaksono Reksowardojo juga sempat membahas soal pewarna pada BBM Pertamina. Menurut dia pewarna tidak memengaruhi kualitas BBM.

Baca Juga:
Harga BBM Subsidi Pertalite Nggak Naik, Harga Pertamax Turbo Turun

"Pewarna itu tidak ada pengaruhnya," kata dia dalam keterangan tertulisnya, disitat Antara, Senin (26/9).

Pewarnaan pada BBM bisa membantu masyarakat mencermati sendiri produk yang dibeli, misalnya di SPBU dicocokkan dengan warna dispenser dan nozzle yang telah disesuaikan warna jenis BBM.

Selain itu beda warna juga membantu menekan tindak kecurangan SPBU, misalnya menukar jenis BBM hingga tak sesuai warna dispenser dan nozzle.

Selain itu pewarnaan pada BBM juga berguna buat menghindari teknik menyampur atau dikenal sebagai oplosan. Pewarna pada BBM atau yang juga disebut dyes membuat konsumen atau siapapun bisa mengontrol secara visual tanpa perlu mengetahui secara detail kandungan yang terdapat di dalamnya.(fhm)