Hankook Tire Tampilkan Ban Tanpa Udara i-Flex di Pameran Pertahanan & Keamanan Korea 2022

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 30/Sep/2022 15:38 WIB
foto:istimewa/hankook foto:istimewa/hankook

 

KORSEL (BeritaTrans.com_ - Perusahaan ban terkemuka global Hankook Tire memamerkan ban non-pneumatik (NPT) 'i-Flex' di stan pameran Hyundai Rotem dalam Pameran Pertahanan & Keamanan Korea (DX KOREA) 2022 dari tanggal 21 hingga 25 September.

Baca Juga:
Hankook Tire Investasikan $1.6 Miliar Pada Ekspansi Pabrik Tennessee

Pada DX KOREA 2022, Hyundai Rotem, perusahaan industri berat global yang berspesialisasi dalam pembuatan rolling stock, peralatan militer, dan rekayasa pabrik, akan meluncurkan kendaraan multiguna tanpa awak (UGV) yang dirancang untuk operasi militer infanteri. UGV Hyundai Rotems didasarkan pada HR-Sherpa, kendaraan tak berawak yang berhasil menunjukkan kemampuan pengintaian dan operasi keamanan pada peringatan KTT ASEAN-KOREA 2019. Untuk memperkuat fungsinya saat terjadi situasi darurat, ban NPT Hankook Tire, i-Flex, yang dilengkapi dengan sensor penggerak otomatis telah dikembangkan dan diaplikasikan pada UGV.

i-Flex adalah ban konsep non-pneumatik futuristik yang sedang dikembangkan untuk kendaraan tanpa awak yang melaju di medan off-road. Sebagai generasi pertama yang disempurnakan, i-Flex yang akan ditampilkan memiliki ukuran 17-inci dengan diameter 730mm, dan lebar 200mm. Tidak seperti ban konvensional, i-Flex tidak mengandung udara di dalamnya, yang berarti bahwa keselamatan dapat lebih terjamin apabila terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kebocoran. Selain itu, ban ini tidak memerlukan perawatan untuk mengatur tekanan udara, sehingga mobilitasnya optimal dalam segala kondisi.

Baca Juga:
Hankook dan Formula E Rayakan Peluncuran Kerjasama

Untuk menopang beban berat dan mendistribusikan bobot kendaraan secara merata, mengadopsi desain struktur lengkung ganda. Bagian lengkungan luar beguna untuk menyerap guncangan tak beraturan yang ditransmisikan dari permukaan off-road, sedangkan lengkungan bagian dalam berguna untuk meringankan guncangan parah yang ditransmisikan ke aktuator kendaraan. Lengkungan dalam dan luar i-Flex dihubungkan oleh engsel integral, untuk memberikan stabilitas dalam bentuk keseluruhannya.

Selain itu, teknologi yang mampu melakukan rotasi 360 derajat di tempatnya, telah diterapkan pada pola ban i-Flex. Disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan militer, dinding samping trapesium diadopsi untuk mentransmisikan dengan cepat gaya rotasi mesin kendaraan ke permukaan jalan ketika kendaraan berputar secara otomatis.

Baca Juga:
Ban SUV Andalan Hankook "Ventus S1 evo 3" Raih Penghargaan dan Predikat `Rekomendasii" dari Auto Express

Hankook Tire berdedikasi untuk membangun masa depan mobilitas yang lebih berkelanjutan, dan sebagai bagian dari itu, Hankook Tire telah bekerja pada teknologi ban non-pneumatik sejak tahun 2010. Upaya yang terus menerus ini melahirkan i-Flex, ban tanpa udara dengan keamanan, perawatan yang rendah, dan keberlanjutan, yang berfungsi sebagai solusi ideal untuk mobilitas masa depan. Hankook terus melanjutkan riset dan pengembangan untuk peningkatan lebih lanjut.

Hankook Innovative Performance (H.I.P), merupakan filosofi Hankook Tire dalam hal teknologi, yang merupakan inti dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan sensibilitas berkendara yang aman dan menyenangkan, serta mewujudkan mobilitas di masa depan. Hankook Tire akan terus melaksanakan program untuk memimpin perubahan di masa depan sekaligus memperkuat daya saing di pasar dengan teknologi inovatifnya.(ahmad)

Tags :