BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 01/Okt/2022 09:43 WIB
Sosialisasi P4GN di Poltekpel Malahayati Sosialisasi P4GN di Poltekpel Malahayati

ACEH (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) bersama Badan Narkotika Nasional rutin menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS dan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kali ini di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh yang diikuti 185 orang pegawai serta 328 Taruna, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Sekretaris BPSDMP,  Capt. A. Arif Priadi pada pembukaan acara mengungkapkan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan Prekusor Narkotika saat ini merupakan salah satu kegiatan prioritas pemerintah, guna memutus rantai peredaran narkoba dan menekan angka pengguna atau penyalahgunaan narkoba. 

“Berdasarkan data yang dihimpun dari BNN angka penyalahgunaan narkotika di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 3,66 juta jiwa atau 1,95% dari jumlah penduduk di Indonesia, jumlah ini naik 0,15% dari tahun sebelumnya yaitu 1,8%. Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang trendnya meningkat harus diperangi bersama seluruh masyarakat, dan untuk itu peran pengasuh sebagai pengganti keluarga di asrama kampus BPSDMP menjadi sangat krusial," jelaa Sekretaris BPSDMP.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang kompleks dan memiliki dimensi yang luas, oleh karenanya penanggulangan dari penyalahgunaan narkoba memerlukan upaya yang terpadu antara Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Organisasi Masyarakat, dan seluruh masyarakat pada umumnya. 

“Oleh karenanya Menteri Perhubungan dan Kepala BPSDMP telah meminta kepada seluruh jajaran di lingkungan BPSDMP untuk secara aktif turut serta dalam dalam aksi mencegah penyalahgunaan narkoba baik di lingkungan Kantor maupun Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDM Perhubungan,” tambahnya. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Melalui kegiatan sosialisasi P4GN ini, Sekretaris BPSDMP berpesan agar para civitas akademika dan Taruna Poltekpel Malahayati dapat mengambil ilmu mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba, dan berharap nantinya akan hadir duta anti Narkoba dari para Taruna yang dapat menjadi penggiat anti narkoba dan mensosialisasikan kegiatan P4GN di lingkungan masing- masing. 

“Saya berharap Taruna di lingkungan Kementerian Perhubungan dapat menjauhi penyalahgunaan Narkoba, dan selalu menjadi pribadi yang memiliki nilai-nilai Prestasi yaitu Profesional, ber-Etika, Standar Global dan Integritas. Pesan saya terus belajar, berpikir, perbanyak berlatih dan tak kalah penting berhitung filosofi yang berpegang teguh bagi taruna," pesan Sekretaris BPSDMP.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Kerja Sama Poltekpel Malahayati Aceh, Laurentinus Padma Wijaya menambahkan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini mengingat usia taruna sangat rentan terhadap pengaruh penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. 

“Saat ini total taruna kami ada 328 Pegawai dan PPNPN 185 sehingga jumlah totalnya 513, besar harapan kami ketika pemeriksaan narkoba hari ini hasilnya seluruhnya negatif. Selain itu, kami berharap juga kegiatan seperti ini diselenggarakan secara rutin agar kami selalu diingatkan secara reguler tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba," ungkapnya.

BPSDMP rutin melaksanakan kegiatan P4GN pada tiap tahunnya. 

Hingga Triwulan III tahun 2022, kegiatan ini telah dilakukan tujuh kali di Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, Poltrada Bali, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura, Poltekbang Surabaya, Poltekpel Sumbar dan BPPTD Mempawah dengan jumlah peserta sebanyak 380 orang pegawai dan  1.288 orang Taruna.

Selain itu juga telah  dilakukan 27 kali Pemeriksaan Urin di lokasi Sekretariat BPSDMP, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, PIP Makassar, Poltekbang Surabaya, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)-STTD, Politeknik Keselamatan Transpotasi Jalan (PKTJ) Tegal, API Banyuwangi.

Poltekpel Sumatera Barat, Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang, Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan Bogor, Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Poltekbang Makassar, Poltekbang Jayapura, dan Poltekpel Sorong, Poltrada Bali, PPI Madiun, Poltekbang Surabaya dan BPPTD Mempawah dengan jumlah peserta sebanyak  9.351 yang terdiri dari pegawai dan Taruna dengan hasil 9.350 negatif dan 1 positif dikarenakan sedang mengkomsumsi obat dari dokter atas indikasi medis.

Selain sosialisasi P4GN, pada kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan sharing knowledge bagi Taruna/i Poltekpel Mahalayati dengan tema  keterbukaan informasi dan kecakapan digital dan kegiatan gerakan bersih laut dan pantai hal sebagai bentuk nyata insan perhubungan dalam memberikan peran dan manfaat yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan dan keamanan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat. (omy)