Usai Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Terminal Leuwi Panjang Hasil Revitalisasi, Menhub Lanjut Sapa Penumpang

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 01/Okt/2022 13:56 WIB
Menhub bincang singkat dengan penumpang di Terminal Leuwi Panjang, Bandung Menhub bincang singkat dengan penumpang di Terminal Leuwi Panjang, Bandung


 
BANDUNG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dihadiri jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenhub ada di Jawa Barat di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Sabtu (1/10/2022).

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Menhub mengingatkan kepada insan perhubungan untuk selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam bekerja. 

Baca Juga:
Menhub Budi Karya Bersama Hyundai Resmikan Museum Transportasi TMII, Hadirkan Mobil Listrik

“Kalau kita ingat Pancasila Insyaallah negara kita terus bersatu, jangan berpikir yang lain dari Pancasila,” tutur Menhub.
 
Usai memimpin upacara, Menhub berkenan berkeliling sekaligus menyapa penumpang di terminal tipw A tersebut.

Berbeda dengan kondisi sebelumnya, Terminal Leuwi Panjang kini memiliki tampilan yang lebih modern, lebih bersih, lebih nyaman, dan tidak kalah dari stasiun atau bandara. 

Baca Juga:
Dirjen Hendro Serahkan Penghargaan Bidang Transportasi Darat

"Ini merupakan bagian dari komitmen membangun infrastruktur transportasi yang delivered, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Menhub.
 
Sekarang kota Bandung punya terminal bus yang keren, busnya (yang datang ke terminal) banyak ada dari Sukabumi, Jakarta, Garut dan sebagainya. Konektivitas telah terjadi di terminal ini. 

"Saya apresiasi rekan Ditjen Perhubungan Darat yang mengelola terminal ini dengan baik,” ujarnya.
 
Terminal Leuwi Panjang berada di lahan seluas 26 ribu meter persegi dan berkonsep mixed use, dimana terminal tidak hanya sebagai simpul transportasi naik turun penumpang, tetapi juga menjadi pusat perekonomian dan kegiatan masyarakat. 

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Gelar Raker, Ini 3 Bahasan Utamanya

Terminal ini telah dilengkapi sejumlah fasilitas seperti counter check in, ruang tunggu keberangkatan, sky bridge, area komersial, area ramp check, kids zone, dan fasilitas pendukung lainnya.
 
Melalui revitalisasi dan modernisasi terminal ini, diharapkan semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum massal bus. 

"Saat ini, rata-rata jumlah penumpang bus di Terminal Leuwi Panjang mencapai sekitar 10 ribu lebih orang perharinya dan 426 bus (AKAP, AKDP, dan Trans Bandung/BTS) per harinya," ungkap dia.
 
Turut hadir pada kunjungan kerja di Terminal Tipe A Leuwipanjang Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dan sejumlah pejabat UPT Kementerian Perhubungan di Jawa Barat. (omy)