Simpang Susun Tol Japek II Selatan Paket 3 Diubah, dari Tamanmekar Jadi Sukabungah

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 06/Okt/2022 17:03 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang bisa rampung Desember 2022. Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang bisa rampung Desember 2022.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kemajuan pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) II Selatan Paket 3 yaitu ruas Sukabungah hingga Sadang telah mencapai 69,11 persen.

Jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta dengan Bandung sepanjang 30,6 kilometer ini dikelola PT Jasamarga Japek Selatan (JJS).

Baca Juga:
Progres Proyek Tol Serang-Panimbang Sepanjang 83,57 Km, Ini Dia Detailnya!

Direktur Utama Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menjelaskan, progres lahan dan konstruksi untuk Tol Japek II Selatan Paket 3 ini telah memperhitungkan penambahan lahan dan penyesuaian Rencana Teknik Akhir atas penggeseran lokasi simpang susun yang semula di Tamanmekar menjadi Sukabungah.

Dengan penggeseran ini juga terdapat tambahan main road sepanjang kurang lebih 3 kilometer yang telah masuk dalam tambahan lingkup. Untuk pembebasan lahan dalam kegiatan tersebut telah mencapai 92,30 persen.

Baca Juga:
Jalan Tol Japek II Selatan Bakal Beroperasi Fungsional saat Arus Mudik Lebaran

Proyek Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 Sukabungah-Sadang terdiri atas dua seksi yakni Seksi 5 Sukabungah-Sadang sepanjang 22,1 kilometer dan Seksi 6 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 kilometer.

“Saat ini kami menunggu revisi Penetapan Lokasi (Penlok) dari Gubernur Jawa Barat yang tengah diproses. Untuk mendukung ini, kami bersama dengan tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan lahan telah melakukan sosialisasi dan pendataan awal yang dilanjutkan dengan konsultasi publik,” ujar Charles dikutip dari Antara, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga:
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Capai 51 Persen Lebih, Ini Detail Progresnya

Jasamarga Japek Selatan optimis pembangunan konstruksi Paket 3 Seksi 5 Tol Sukabungah-Sadang selesai pada di awal 2023.

Sementara Seksi 6 Kutanegara-Sadang progres konstruksi telah mencapai 93,64 persen sehingga dapat digunakan oleh kendaraan kecil/golongan I (non bus) pada libur panjang Natal dan Tahun Baru.(fhm/sumber:liputan6)