KKP Raih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2022

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 07/Okt/2022 13:41 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan meraih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) tahun 2022 untuk kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah. Penyerahan piala penghargaan berlangsung di Jakarta, Rabu (5/10/2022). 

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar mengatakan, raihan PSBE 2022 sebagai bentuk keseriusan KKP dalam menjalankan Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penghematan Energi dan Air. 

Baca Juga:
Strategi Pemberantasan Korupsi KKP di Pelabuhan Sabet Penghargaan KPK

"Kami sampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas penghargaan yang diberikan. Keseriusan dan konsistensi KKP dalam menjalankan penghematan energi dan air, Alhamdulillah mendapat apresiasi," ungkap Antam dalam siaran resmi KKP, Kamis (6/10/2022).

Bersama KKP yang mendapatkan penghargaan di kategori tersebut adalah Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemkot Magelang. 

Baca Juga:
Layanan Prima UPT KKP Raih Penghargaan dari Kemenpan-RB

Lebih lanjut Antam menjelaskan, berbagai langkah telah dilakukan untuk efisiensi penggunaan energi dan air di empat gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di antaranya penerbitan regulasi yang mengatur sistem manajemen energi, dan pembentukan satuan tugas penghematan energi dan air.

Kemudian meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola gedung, hingga mengeluarkan surat edaran mengenai langkah-langkah penghematan energi dan air di lingkungan KKP setiap menjelang pelaksanaan hari libur nasional, keagamaan dan pelaksanaan cuti bersama.

Baca Juga:
Kinerja dan Kesigapan Penyidik KKP Diapresiasi Polri

"Semoga ke depan KKP bisa lebih baik lagi dan terus mengedepankan prinsip  efisiensi energi dalam melakukan pengelolaan bangunan gedung," pungkas Antam.

Kegiatan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) tahun 2022 merupakan upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong pencapaian target efisiensi energi nasional sebesar 17% pada tahun 2025 dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29% pada tahun 2030.(fhm)