Genjot Kualitas Pengajar, Kampus BPSDMP Didorong Bangun Jejaring Penelitian Ilmiah Nasional dan Internasional

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 21/Okt/2022 10:03 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

Surabaya (BeritaTrans.com) – Badan Pengembangan Sumber Daya manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya menyelenggarakan seminar internasional the 1st ICATEAS (International Conference of Advance Transportation, Engineering, and Applied Science) yang mengusung tema “Technology and Innovation Research Enhancement For the Future of Global Smart Transportation” dan seminar nasional SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) ke-6 yang mengusung tema “Kolaborasi Kreatif Digital dan Industri Teknologi Transportasi Udara”, dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc (Eng) secara langsung bertempat di Gedung Serba Guna Poltekbang Surabaya pada Kamis (20/10/2022).

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya manusia Perhubungan (BPSDMP) mempunyai peran strategis dalam membangun jejaring ilmiah, memberikan ruang kepada para peneliti untuk sanggup melanjutkan komitmen dalam menjawab berbagai tantangan industri transportasi berbasis digital saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPSDMP saat memberikan sambutannya.

“Saat ini pendidikan tinggi di sektor transportasi mengalami perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga keberadaan program studi harus ditunjang dengan kualitas para pendidik melalui penelitian berkualitas, yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah baik pada jurnal internasional maupun proseding seminar internasional bereputasi”, ungkapnya.

Baca Juga:
Di Upacara Pelepasan 152 Perwira BP3IP Jakarta, Sekretaris BPSDMP: Kita Pelaut Ulung

BPSDM Perhubungan mengemban amanah untuk selalu berada di garda terdepan guna menjawab tantangan dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang transportasi baik moda darat, laut, udara, maupun perkeretaapian. Sumber Daya Manusia yang profesional harus selaras dengan kebutuhan industri saat ini.

“Kita harus terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas para pengajar, sehingga BPSDM Perhubungan semakin signifikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga menghasilkan SDM yang profesional, memiliki etika, standar global, dan integritas”, tambahnya.

Baca Juga:
Kemenhub Buka 7 Diklat Penerbangan Bareng Timor Leste

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa seminar dan forum ilmiah semacam ini perlu diselenggarakan secara rutin untuk membentuk ekosistem intelektualitas, berkomitmen melaksanakan pengajaran yang multi tasking, lintas disiplin, sehingga selalu relevan dengan masalah lokal, nasional, dan global.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta seminar, diharapkan seminar ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan sektor transportasi secara umum, dan juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara khusus di lingkungan kampus BPSDM Perhubungan”, tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana, Siti Julaihah, S.S., M.Hum. melaporkan bahwa Politeknik Penerbangan Surabaya menghadirkan pembicara profesional di bidangnya, untuk seminar internasional the 1st International Conference of Advance Transportation, Engineering, and Applied Science (ICATEAS) menghadirkan keynote speakers Dr. Muhammad Aziz, dari Tokyo Institute of Technology, Japan; Prof. Hendra Hermawan Ph.D dari Laval University Canada; dan Prof. Taufik dari Cal Poly State University, California, USA. Dan untuk seminar nasional SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) ke-6 menghadirkan keynote speakers Hafidz Aulia, Wakil Presiden Teknologi Informasi Citilink Indonesia, dan Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, S.T., M.T., IPU ASEAN Eng, Kepala Masyarakat Perhubungan Indonesia, Universitas Gajah Mada.(ahmad)