Diterapkan di 14 Pelabuhan, INSA Jaya Gelar Pelatihan Sistem Pengangkut

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 26/Okt/2022 12:13 WIB
Mohammad Erwin Sekertaris INSA Jaya / Foto:BeritaTrans.com/ahmad Mohammad Erwin Sekertaris INSA Jaya / Foto:BeritaTrans.com/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dewan Pengurus Indonesian National Shipowners' Association (INSA) CabangJakarta Raya menggelar pelatihan sistem mengenai Single Submission (SSm), Rabu (26/10/2022). 

Baca Juga:
Subagiyo Resmi Jabat Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Capt Wisnu Handoko memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Sistem SSm Pengangkut yang diwakili oleh Kabid Lalu Lintas Angkutan Laut  dan Jasa Kepelabuhanan Kantor OP Priok, Dedi Hermanto. 

Baca Juga:
Pelabuhan Tanjung Priok Gelar Public Expose Capaian Kinerja Tahun 2022

Dalam sambutan Kepala OP Priok mengatakan, "Pelatihan Sistem SSm ini sangat bermanfaat bagi peningkatan pelayanan seluruh anggota INSA dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja di Pelabuhan Tanjung Priok secara umum sesuai Instruksi Presiden No 5 Tahun 2020 tentang penataan ekosistem logistik nasional. Penerapan SSm pada 14 pelabuhan yang diharapkan berjalan sepenuhnya pada 1 November 2022 sambil berjalan sosialisasinya,".

Baca Juga:
Pengenaan Tarif Layanan Hi-Co Scan Petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok Disosialisasikan, Resmi Berlaku 9 Januari 2023

Sementara itu sambutan Ketua INSA Jaya Capt Alimudin yang diwakili Sekertaris INSA Jaya, Mohammad Erwin, mengatakan, "Pelatihan ini menurunkan 8 orang dari Indonesia National Single Window (INSW) untuk memaparkan aplikasi SSm ini, kepada peserta silakan untuk bertanya bagaimana prosesnya dan nanti diperkirakan akan diperlakukan pada bulan Desember tahun ini yang sudah ditandatangani SOP SSm Pengangkut secara bersama oleh Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Syahbandar Tanjung Priok, Pelindo, Bea dan Cukai Tanjung Priok, Karantina Pelabuhan Tanjung Priok dan Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok di Auditorium Pelindo Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (25/10/2022)," dalam sambutannya. 

Acara yang dihadiri 140 peserta ini masih berlangsung hingga adanya tanya jawab di kegiatan Pelatihan SSm yang bertempat di Hotel Sunlake Sunter Jakarta Utara.(ahmad)