Kemenhub Sesalkan Insiden Antartaruna

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Okt/2022 13:44 WIB
Perwira Transportasi Perguruan Tinggi Kemenhub Perwira Transportasi Perguruan Tinggi Kemenhub

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan (BPSDMP) menyesalkan terjadinya insiden keributan antara beberapa taruna setelah acara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Tahun 2022 di Monas, Selasa (25/10/2022). 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dari hasil pengumpulan data dan informasi dari para taruna dan pengasuh, menurut Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, didapatkan informasi bahwa kejadian tersebut terjadi setelah selesai acara dan kembali ke tempat masing-masing.

"Insiden ini juga  bersifat perorangan bukan atas nama sekolah," ujar Adita dalam press statement yang diterima Beritatrans.com.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

BPSDMP telah melakukan mediasi dan menyelesaikan permasalahan dimaksud sambil terus melakukan pendalaman-pendalaman untuk mencari penyebab yang memicu insiden dimaksud.

Sesuai dengan tata tertib taruna pada sekolah BPSDMP, taruna dilarang melakukan kekerasan ataupun terlibat perkelahian. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

"Kepala BPSDMP telah memerintahkan untuk memberikan sanksi bagi yang terbukti melanggar. Kepala BPSDMP juga meminta sekolah untuk mengawasi secara ketat kegiatan taruna agar kejadian tersebut tidak meluas," imbuhnya. 

Selanjutnya, untuk mengeratkan rasa persatuan dan kebersamaan, BPSDMP memberikan pengarahan dan pembekalan kepada para perwira yang baru dilantik, yang akan melaksanakan tugas di sekolah-sekolah BPSDMP. 

Diharapkan para perwira transportasi ini dapat secara persuasif menyebarluaskan pesan untuk meningkatkan rasa persatuan antartaruna sekolah BPSDMP. 

Keberagaman dari sekolah-sekolah BPSDMP, dapat menjadi kekuatan dalam melaksanakan transportasi yang menghubungkan Indonesia. (omy)