Swiss Miliki Kereta Penumpang Terpanjang di Dunia, Ada 100 Gerbong

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 02/Nov/2022 09:37 WIB
Kereta penumpang terpanjang di dunia di Swiss. (Foto: AFP via Getty Images/FABRICE COFFRINI) Kereta penumpang terpanjang di dunia di Swiss. (Foto: AFP via Getty Images/FABRICE COFFRINI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebuah perusahaan kereta api Swiss mengklaim memecahkan rekor untuk kereta penumpang terpanjang di dunia. Rekor itu mereka pecahkan pada Sabtu (29/10/2022).

Kendati jadi kereta terpanjang, kereta itu melakukan perjalanan di salah satu jalur paling spektakuler di Swiss, yaitu dengan melewati Pegunungan Alpen yang indah.

Baca Juga:
China Bangun Terowongan Kereta Api Cepat Bawah Laut Terpanjang di Dunia

Adalah Perusahaan Kereta Api Rhaetian yang memecahkan rekor tersebut dengan menjalankan kereta sepanjang 1,9 kilometer (1,2 mil) di sepanjang rute Albula/Bernina dari Preda ke Berguen, Swiss.

Seperti dilansir AP, kereta penumpang yang diklaim terpanjang di dunia terdiri dari 100 gerbong. Perjalanan tersebut jelas tak mudah untuk kereta panjang, karena jalur berkelok di kawasan Pegunungan Alpen.

Rute kereta tersebut ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008 dan mengarah melalui 22 terowongan, beberapa di antaranya melewati pegunungan. Rute ini juga melintasi 48 jembatan, termasuk Landwasser Viaduct yang melengkung.

Seluruh perjalanan memakan waktu lebih dari satu jam. Para penggemar kereta api berjejer di lembah untuk menyaksikan 25 bagian kereta api itu berkelok-kelok sekitar 25 kilometer (15,5 mil) melalui Pegunungan Alpen.

Direktur Kereta Api Rhaetian, Renato Fasciati, mengatakan upaya rekor itu dimaksudkan untuk menyoroti beberapa pencapaian teknik Swiss dan untuk merayakan 175 tahun kereta api Swiss.

Sementara itu, rekor kereta barang terpanjang di dunia masih dipegang kereta barang Mt. Goldsworthyasal Australia Barat, yang memiliki panjang hingga 7.353 meter.

Bukan hanya jadi kereta barang terpanjang di dunia, Mt. Goldsworthy juga merupakan kereta paling berat di dunia, karena bobotnya yang mencapai 99.732 ton.(fhm/sumber:cnn)