Pertamina Resmikan Cafe Kopi Kang! Program TJSL FT Bandung Group

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 26/Okt/2022 16:46 WIB
foto:istimewa/pertaminajawabarat foto:istimewa/pertaminajawabarat

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat (JBB)  Fuel Terminal Bandung Group dalam rangka program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) / Corporate Social Responsibility (CSR) Kopi Kang! meresmikan program pemberdayaan masyarakat berupa Cafè Kopi Kang! x Kue Balok Mang Salam di jalan Tamansari Kota Bandung pada Rabu (26/10).

Baca Juga:
Bordir Tasikmalaya Binaan Pertamina Tembus Pasar Asia

Peresmian program ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Fuel Terminal Manager Bandung Group Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Takim, dan perwakilan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Yudha Galtieri.

Program Kopi Kang! tersebut dilaksanakan di Desa Cipaganti, Kabupaten Garut yang  menyimpan banyak potensi, salah satunya adalah Kopi Arabika dimana Pertamina FT Bandung Group bersama Kelompok Tani Buana Lestari menciptakan program Inovasi Sosial Kopi Kang!.  Program ini memberdayakan petani kopi dan juga membantu konservasi Kukang Jawa, dimana 10% keuntungan dikontribusikan untuk konservasi Kukang Jawa.

Baca Juga:
Perkuat Sinergi dengan Kepolisian, Pertamina Laksanakan Program Sosial Bersama Polda Jawa Barat

Setelah tiga tahun berjalan, kini pelaksanaan program difokuskan pada hilirisasi produk olahan kopi dengan menciptakan Cafè Kopi Kang! bekerja sama dengan Kue Balok Mang Salam yang berlokasi di Tamansari, Kota Bandung.

Fuel Terminal Manager Bandung Group, Takim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas grand launching Cafè Kopi Kang! karena telah turut mengembangkan sektor pertanian dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Jawa Barat.

Baca Juga:
Lestarikan Budaya Indonesia, Batik ini Berhasil Dilirik

“Program ini selain meningkatkan value kopi dengan pengolahan sehingga menaikkan harga jual kopi petani, juga membantu penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan sebagai barista, salah satunya adalah Arifin, penyandang tuna rungu yang kini telah menjadi profesional barista setelah mengikuti pelatihan dari Pertamina FT Bandung Group, sehingga sangat patut diapresiasi,” ujar Takim.

Secara terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan bahwa keterlibatan penyandang disabilitas di Cafe Kopi Kang! merupakan keberlanjutan dari program pemberdayaan yang telah berjalan sebelumnya dengan nama program Dreamable.

"Hal ini merupakan komitmen Pertamina untuk memberdayakan masyarakat di wilayah operasi perusahaan dalam program TJSL, termasuk penyandang disabilitas yang perlu menjadi perhatian kita bersama,” pungkas Eko.

Untuk selanjutnya, program ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan dapat terus berkembang serta memberikan manfaat bagi masyarakat.(ahmad)