Karyawan Pria Kereta Api di Jerman Kini Boleh Kenakan Rok

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 04/Nov/2022 13:57 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dasi berpadu dengan jas atau syal yang cocok dengan blazer dan rok? Mulai awal November 2022, karyawan perusahaan kereta api Jerman, Deutsche Bahn (DB) bebas memilih seragam kerja yang mereka inginkan, terlepas dari apa jenis kelamin mereka. 

Kebebasan untuk memilih seragam kerja ini khususnya ditujukan bagi karyawan DB yang berhadapan langsung dengan pelanggan, seperti kondektur dan karyawan di loket tiket.

Baca Juga:
Pria dengan Pisau Serang Penumpang Kereta Api di Jerman, 2 Tewas

"Petugas kereta, 'costumer service', masinis atau staf layanan dapat memesan seragam pria maupun perempuan dan memakainya saat bertugas," tulis Direktur Kereta Api Richard Lutz di platform karir LinkedIn. 

Para karyawan dapat mengenakan "pakaian yang paling nyaman bagi mereka".

Baca Juga:
Karyawan Mogok Kerja, Operasi Kereta AS Terancam Lumpuh

Juru bicara DB mengumumkan bahwa "peraturan tradisional" yang berlaku sebelumnya harus disesuaikan, karena semakin banyak karyawan yang menginginkan hal tersebut. 

Ada sekitar 45.000 karyawan DB yang berurusan dengan pelanggan dan diharuskan memakai pakaian seragam. 

Baca Juga:
Karyawan Kereta Api Inggris Mogok Besar-besaran, Layanan Lumpuh

Pada pertengahan 2020 lalu mereka punya seragam baru yang berwarna merah burgundy dan biru navy. Seragam itu merupakan rancangan desainer serta presenter kondang asal Jerman, Guido Maria Kretschmer. (Fh/sumber:detik)