Tol Becakayu Seksi Jakasampurna-Marga Jaya Beroperasi Akhir Tahun 2022

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 04/Nov/2022 15:29 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usaha PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) segera mengoperasikan seksi 2A dan 2A Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya) ruas Tol Bekasi-Cawang- Kampung Melayu (Tol Becakayu) pada akhir 2022.

Direktur Utama KKDM Aris Mujiono menyampaikan kedua seksi yang memiliki total panjang mencapai 4,88 km itu sedang dalam tahap akhir persiapan pengoperasian.

Baca Juga:
Waduh! Jalan Tol Bocimi KM64 Arah Sukabumi Longsorr

"Saat ini kedua seksi tersebut sedang dalam tahap Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi (ULF-ULO) sejak akhir September 2022, dan ditargetkan akan dapat beroperasi dan bertarif pada akhir 2022," ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (3/11).

Selain itu, Aris menyebut pihaknya juga tengah mempersiapkan pengoperasian Off Ramp Jatiwaringin yang sedang dalam tahap pelaksanaan perubahan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga:
Progres Proyek Tol Serang-Panimbang Sepanjang 83,57 Km, Ini Dia Detailnya!

"Dengan penambahan seksi 2A ini diharapkan ada kenaikan jumlah traffic yang signifikan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama WTR Rudi Purnomo mengatakan pengoperasiann seksi 2A dan 2A ujung ruas Tol Becakayu tersebut merupakan realisasi dari penerimaan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) PT Waskita Karya (Persero) Tbk 2021.

Baca Juga:
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Capai 51 Persen Lebih, Ini Detail Progresnya

Ia menyebut PMN tersebut digunakan untuk penyelesaian tujuh ruas tol eksisting hingga titik tertentu.

"Hal ini merupakan komitmen WTR untuk dapat membangun jalan tol yang terintegrasi dan dapat meningkatkan mobilitas penduduk, khususnya di wilayah Jakarta Timur, Bekasi, dan sekitarnya," jelas Rudi.

Ruas Tol Becakayu memiliki total panjang mencapai 16,8 km. Adapun seksi 1 A - C (Casablanca-Cipinang) telah beroperasi sejak 2017. Selain itu, pada September 2022, PT KKDM resmi mengoperasikan tiga akses baru ruas tol Becakayu yaitu On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca, dan seksi 1A Koneksi Wiyoto-Wiyono.

Semenjak ketiga akses tersebut beroperasi sampai dengan 2 November 2022, dilaporkan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) ruas Tol Becakayu meningkat hingga lebih dari 27 ribu kendaraan.

Sedangkan sebelumnya volume LHR ruas Tol Becakayu periode awal tahun hingga 30 September 2022 sebesar 19 ribu kendaraan, sehingga terdapat peningkatan sebesar 46 persen dalam waktu singkat.

Rudi mengklaim jika telah beroperasi penuh, ruas Tol Becakayu dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Kampung Melayu menuju Bekasi. Selain itu, ruas tol ini juga dapat mengurai kemacetan jalan arteri wilayah Bekasi, terutama pada jalan Saluran Kalimalang yang sering mengalami penumpukan volume kendaraan.(fh/sumber:cnn)