Progres Proyek Tol Serang-Panimbang Sepanjang 83,57 Km, Ini Dia Detailnya!

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 21/Mar/2024 23:39 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Banten adalah salah satu provinsi yang sering dikunjungi masyarakat Jabodetabek untuk berwisata. Salah satu obyek wisata yang terkenal di wilayah tersebut adalah pantai Tanjung Lesung.

Dulu, waktu perjalanan ke pantai itu diketahui memakan waktu hampir 5 jam. Namun kini, persoalan itu sudah diatasi Jalan Tol Serang- Panimbang.

Baca Juga:
Pembangunan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Capai 51 Persen Lebih, Ini Detail Progresnya

Mengutip keterangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Tol Serang-Panimbang membuat perjalanan menuju Pantai Tanjung Lesung menjadi 2-3 jam saja.

Saat ini Tol Serang-Panimbang 83,57 km, yang merupakan Proyek Strategis Nasional, sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi.

Baca Juga:
Jalan Tol Ruas Bayung-Lencir-Tempino Ditargetkan Rampung 2024, Progresnya Hampir 50 Persen

"Diharapkan konektivitas Jalan Tol ini dapat memberikan pertumbuhan perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, dan memperlancar konektivitas kawasan pariwisata di Provinsi Banten," tulis BPJT dalam keterangan resmi, Kamis (21/3/2024).

BPJT pun berharap, Tol Serpan akan mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah, Banten Tengah, dan Banten Selatan yang secara geografis berdekatan dengan Jakarta.

Baca Juga:
Tol Yogyakarta-Solo Ruas Jalan Kartosuro-Klaten Bisa Digunakan Lebaran 2024

Sebagai informasi Tol Serang-Panimbang terdiri dari tiga seksi. Pertama, Seksi 1 Serang - Rangkasbitung sepanjang 26,5 Km yang telah beroperasi sejak 2021 lalu. Kedua, Seksi 2 Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24,17 Km dengan progres konstruksi telah mencapai 55,83%.

Ketiga, Seksi 3A Cileles-Bojong sepanjang 17,46 Km dengan progres konstruksi telah mencapai 68,19%, dan Seksi 3B Bojong - Panimbang sepanjang 15,54 Km belum dimulai konstruksinya.

Seksi 2 dan 3A menghubungkan Rangkasbitung - Cileles - Bojong, ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2024. Selain itu, BPJT menjelaskan bahwa Tol Serang Panimbang memiliki Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A dan Tipe B di KM 70 tepatnya berada di Seksi 1 Serang - Rangkasbitung. (Fhm)